5 Fakta yang Wajib Anda Ketahui Tentang HIV | KONTAK PERKASA FUTURES

KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA –  Human immunodeficiency virus (HIV) adalah sebuah penyakit yang menyerang sistem imun seseorang. Penyakit ini membuat orang yang terkenanya lebih mudah terkena infeksi atau penyakit lainnya.

Namun, nampaknya informasi yang tersebar mengenai HIV masih banyak yang tidak tersampaikan secara jelas sehingga memancing pemahaman yang salah. Dikutip dari AIDS Foundation South Africa, yuk pahami fakta berikut seputar HIV.

1. HIV tidak sama dengan AIDS

HIV dan AIDS adalah dua hal berbeda. HIV merupakan virus yang menyebabkan infeksi, sedangkan Acquired immune deficiency syndrome (AIDS) berarti kumpulan gejala yang timbul saat seseorang terkena HIV.

Bila kita terinfeksi HIV, tubuh kita akan mencoba menyerang infeksi. Sistem kekebalan kita akan membuat ‘antibodi’, molekul khusus yang menyerang HIV itu.

2. Tetap Bisa Memiliki Keturunan

Menikah dengan pengidap HIV dan memiliki anak bukanlah hal yang mustahil. Namun, tentu saja prosesnya sedikit berbeda dengan orang yang negatif HIV.

ODHA (orang dengan HIV-AIDS) harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter. Dokter kemudian akan memintanya rutin melakukan tes Cluster Differentiation 4 (CD4) untuk mengontrol jumlah sel darah putih. ODHA dinyatakan sehat bila CD4 lebih dari 350.

Kesehatan secara keseluruhan juga harus dinyatakan baik, mulai dari berat badan normal dan tidak ada infeksi penyerta seperti penyakit menular seksual, hepatitis dan infeksi lainnya.

Ketika semua kondisi baik, maka pada saat masa subur ODHA dapat berhubungan badan tanpa menggunakan kondom. Risiko penularan HIV/AIDS melalui sperma atau cairan vagina bisa saja terjadi, tetapi kemungkinannya cukup kecil.

3. Gejalanya Susah Terlihat Pada Tahap Awal

“Pada tahap awal infeksi HIV, gejala yang paling umum tidak ada,” kata Michael Horberg, MD, direktur HIV-AIDS untuk Kaiser Permanente, di Oakland, California.

Dalam satu atau dua bulan saat human immunodeficiency virus (HIV) memasuki tubuh, kebanyakan orang orang mengalami gejala mirip flu yang dikenal dengan acute retroviral syndrome (ARS). Tapi terkadang HIV tidak muncul selama bertahun-tahun bahkan satu dekade pun.

4. Masih Bisa Berumur Panjang

Hidupmu tidak berakhir hanya karena positif HIV. Memang belum ditemukan penyembuhan atau vaksin untuk HIV/AIDS, tapi antiretroviral therapy (ART) dapat membantu orang yang positif HIV hidup lebih lama dan sehat dan mencegah penularan HIV lebih lanjut.

Lagi pula, ada banyak ODHA yang berhasil membuktikan bahwa ia masih bisa berkarya sekalipun telah dinyatakan positif mengidap HIV. Berkumpul dengan komunitas bisa membantu pengidap HIV untuk semangat menjalani hidup.

5. Kamu Bisa Menularkan Walaupun Sudah Minum Obat

Obat-obatan antiretroviral membantu pengidap HIV-AIDS untuk hidup produktif dan berkualitas. Apabila bekerja dengan baik, obat-obatan ini dapat mengurangi jumlah virus dalam darah sehingga tidak muncul pada tes darah.

Namun, penelitian menunjukan virus bisa saja ‘bersembunyi’ di area lain pada tubuh. Karena itu, praktek seks yang aman tetap harus diterapkan. Jika ingin memiliki keturunan, jangan lupa untuk berkonsultasi pada dokter.

Semoga informasi diatas bisa menyadarkan kita atas fakta tentang HIV (Human immunodeficiency virus). KONTAK PERKASA FUTURES

Sumber : health.detik