8 Tips Hemat Baterai Smartphone Saat Mati Listrik | KONTAK PERKASA FUTURES

KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Beberapa wilayah di Pulau Jawa mengalami mati listrik massal pada hari Minggu (4/8/2019) sejak pukul 12.00 WIB. Karena pemadaman yang mendadak dan berlangsung dalam waktu yang cukup lama, netizen pun mengungkapkan unek-uneknya lewat media sosial seperti Twitter.

Salah satu keluhan yang paling banyak ditemui adalah baterai smartphone mereka yang hampir habis. Walau kalian sudah memiliki power bank untuk mengisi daya dalam keadaan darurat, kalian tetap harus bisa menghemat baterai smartphone.

Agar tidak cepat kehabisan baterai saat mati listrik, simak delapan tips berikut untuk menghemat baterai smartphone kalian seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Gunakan Mode Power Saving

Cara paling mudah untuk menghemat baterai smartphone kalian adalah dengan mangaktifkan mode Power Saving. Mode ini bisa membatasi kinerja prosesor dan menurunkan tingkat kecerahan layar di smartphone, sehingga tenaga yang tersisa di baterai difokuskan untuk fungsi-fungsi yang penting saja.

Cara mengaksesnya di setiap smartphone mungkin berbeda, tapi pada umumnya kalian bisa mengaktifkan mode ini dengan masuk ke aplikasi Settings kemudian Battery, atau Settings kemudian Device maintenance kemudian Battery.

2. Aktifkan Airplane Mode

Mati listrik yang melanda di sejumlah wilayah di Jakartsa dan sekitarnya juga berimbas pada koneksi seluler dan data. Untuk menjaga baterai kalian tetap hemat, coba aktifkan Airplane Mode atau matikan koneksi data agar smartphone kalian tidak terus mencoba mencari jaringan dan menguras baterai.

Jangan lupa matikan juga fitur konektvitas lain yang tidak diperlukan seperti Bluetooth, GPS, dan Wi-Fi.

3. Matikan Getaran

Untuk membuat smartphone kalian bergetar ketika mendapat notifikasi ternyata membutuhkan daya baterai yang tidak sedikit. Hal ini karena perangkat kalian harus menggerakkan motor khusus untuk membuat smartphone bergetar. Jadi sangat disarankan untuk menonaktifkan getaran jika ingin menghemat baterai.

4. Batasi Aplikasi di Background

Aplikasi di smartphone tetap aktif di background walaupun sudah kalian keluarkan. Untuk itu, kalian bisa membatasi aplikasi tertentu agar tidak berjalan di background caranya dengan masuk ke aplikasi Settings, kemudian Apps, pilih aplikasi yang ingin dibatasi, kemudian pilih Battery dan pilih opsi Restrict in the Background.

Jika ingin lebih praktis, kalian bisa mengunduh aplikasi Greenify. Aplikasi ini berfungsi untuk ‘menidurkan’ aplikasi kalian agar tidak memakan baterai.

5. Kurangi Waktu Mengunci Layar

Layar merupakan bagian smatrtphone yang paling banyak menggunakan daya. Untuk itu semakin cepat layar kalian terkunci dan tidak menyala, baterai kalian akan menjadi lebih awet. Atur waktu kunci layar kalian menjadi sesingkat mungkin, misalnya 15 detik.

6. Gunakan Wallpaper Gelap

Jika smartphone kalian menggunakan layar AMOLED, menggunakan wallpaper berwarna gelap atau hitam bisa membuat smartphone kalian menjadi lebih awet. Karena, layar AMOLED membutuhkan tenaga paling sedikit untuk diaktifkan.

Kalau kalian menggunakan smartphone Samsung dengan One UI, kalian bahkan bisa mengaktifkan Night mode yang membuat semua sistem di smartphone berwarna hitam.

7. Matikan Notifikasi dan Auto-Sync

Fitur sinkronisasi otomatis bisa menguras baterai dan data kalian. Untuk menonaktifkan fitur auto-sync kalian bisa masuk ke menu Settings kemudian Accounts. Setelah itu, klik toggle Auto sync data hingga berubah menjadi abu-abu dan tidak aktif.

Selain itu, jika ingin lebih ekstrem aktifkan mode Do Not Disturb untuk menghentikan notifikasi masuk ke smartphone kalian.

8. Gunakan Aplikasi Versi Lite

Kalau kalian masih ingin menggunakan aplikasi-aplikasi tertentu untuk menghilangkan rasa bosan saat mati listrik, coba gunakan aplikasi versi Lite yang membutuhkan baterai dan data yang lebih sedikit. Saat ini sudah ada banyak aplikasi yang lebih enteng, sebut saja Twitter Lite, YouTube Go, Facebook Lite, dan masih banyak lagi.    KONTAK PERKASA FUTURES