Ada juga Manfaat Cuaca Dingin Bagi Kesehatan | KONTAK PERKASA FUTURES

KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Saat cuaca dingin, kebanyakan dari kita malas melakukan apa-apa kecuali bersembunyi di bawah selimut. Dengan perubahan suhu yang ekstrem tentu muncul berbagai penyakit langganan seperti flu, batuk dan lainnya.

Namun menariknya di musim ini ternyata ada manfaatnya juga lho bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa cuaca musim dingin bagi kesehatan yang dirangkum dari beberapa sumber:

1. Cuaca dingin bisa membakar kalori

Apakah Anda sebelumnya pernah mendengar istilah ‘lemak coklat’ (brown fat) dan ‘lemak putih’ (white fat). Ya, di dalam tubuh ada dua macam lemak, yaitu lemak coklat dan lemak putih. Lemak putih adalah lemak tidak aktif hasil metabolisme yang menyimpan kalori, sedangkan lemak coklat adalah lemak aktif yang mengandung mitokondria penghasil energi. Dalam sebuah studi tahun 2012, para periset menemukan bahwa cuaca dingin membuat lemak coklat bergerak, sehingga menyebabkan pembakaran kalori yang signifikan.

2. Cuaca dingin bisa mengurangi peradangan

Suhu dingin dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit di seluruh tubuh. Katakanlah, saat pergelangan kaki terkilir, orang kerap menggunakan es untuk mengobatinya. Sebuah penelitian di tahun 2011 menemukan bahwa, perawatan semacam itu yang disebut cryotherapy, lebih banyak dilakukan atlet untuk memulihkan daripada beristirahat. The Atlantic melaporkan, pelari yang terpapar suhu serendah -166 derajat Fahrenheit atau setara dengan -110 derajat Celcius, pulih lebih cepat daripada mereka yang diberi terapi lain atau disuruh beristirahat.

3. Cuaca dingin bisa membuat tidur lebih nyenyak

Saat musim dingin, udara malam hari membuat kita merasa lebih cepat kantuk dan ingin segera tidur. Dibanding saat musim panas atau kemarau, kita kesulitan tidur karena tubuh mengeluarkan keringat untuk menjaga suhu tubuh. Tentunya saat tubuh kepanasan dan tak nyaman, sulit untuk mencapai tahap REM (Rapid Eye Movement), sehingga sering terbangun dan kelelahan di keesokan harinya.

4. Cuaca dingin kurang ramah bagi si bakteri pembawa penyakit

Sepanjang musim dingin, udara dingin dapat membantu mengurangi perkembangbiakan bakteri, parasit dan jamur sehingga melindungi Anda dari berbagai penyakit yang menyebar. KONTAK PERKASA FUTURES

Sumber : health.detik