Google Photos dan Drive Bakal ‘Putus Hubungan’ | KONTAK PERKASA FUTURES

KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Google saat ini masih menghubungkan antara Photos dan Drive, namun pada Juli nanti hubungan itu akan diputus.

Ini artinya, foto dan video yang disimpan di Drive tak akan otomatis muncul di Photos dan sebaliknya. Begitu juga dengan menghapus foto di Drives tak berarti menghilangkan foto itu di Photos.

“Kami mendapat masukan kalau koneksi antara kedua layanan ini malah membingungkan, jadi bulan depan, kami akan membuat perubahan untuk mempermudah penggunaan antara Drive dan Photos,” tulis Dan Schlosser dan Jason Gupta, product manager untuk Drive dan Photos dalam postingan blognya.

Lebih lanjut, Schrosser dan Gupta menyebut kalau perubahan ini juga untuk menghindari adanya penghapusan secara tak sengaja dari file yang disimpan di kedua layanan itu, demikian dikutip dari The Verge, Kamis (13/6/2019).

Namun bukan berarti pengguna tak bisa memindahkan foto ataupun videonya dari kedua layanan Google ini. Nantinya cara memindahkan foto itu akan muncul pada opsi baru yang muncul di menu ‘upload from Drive’, namun hal ini juga tak membuat foto dan video di kedua layanan itu tersinkronisasi.

Google memperingatkan penggunanya bahwa mungkin hal ini akan membingungkan nantinya. Pasalnya foto yang disimpan di Drive adalah foto dengan resolusi asli, dan jika dipindahkan ke Photos maka resolusi itu akan dipertahankan, yang artinya akan memakan storage terbatas di Photos — foto dengan resolusi ‘high’ di Photos bisa disimpan tanpa batas.

Jika pengguna tetap menginginkan foto dan videonya tersimpan di kedua layanan itu, solusi yang diberikan adalah menggunakan software Backup and Sync untuk Windows ataupun Mac.

Oh ya, saat nanti sistemnya diubah, Google menjanjikan tak ada foto ataupun video yang bakal dihapus dari Photos ataupun Drive. Folder di Drive di layanan Photos pun akan tetap ada, namun isinya tak akan tersinkronisasi lagi dengan Drive. KONTAK PERKASA FUTURES