Guardiola Terus Mengejar Sir Alex Ferguson | KONTAK PERKASA FUTURES

KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Gelar juara Piala Liga Inggris menambah koleksi trofi yang sudah dimenangi Josep Guardiola. Meski masih terpaut jauh, dia terus mengejar jumlah trofi Sir Alex Ferguson.

Guardiola meraih trofinya yang ke-25 saat Manchester City mengalahkan Chelsea di ajang Piala Liga Inggris. Lewat adu penalti, The Citizens menang 4-3.

Dihitung sejak dia mulai melatih tim utama Barcelona pada 2008, Guardiola jika dirata-rata berhasil memenangi 2,5 trofi per musim.

Dengan jumlah 25 piala tersebut, Guardiola sudah menyamai jumlah trofi yang dimenangi Jose Mourinho. Bedanya, Mourinho meraihnya dalam waktu yang lebih panjang.

Beberapa pelatih top dunia lainnya yang punya koleksi trofi lebih banyak dari Guardiola adalah Mircea Lucescu (32), Valeri Lobanowski (30), Otmar Hitzfeld (28), Jock Stein (26) dan Luiz Felipe Scolari (26).

Di atas mereka semua, ada Sir Alex Ferguson. Manajer legendaris asal Skotlandia itu punya 49 trofi juara sepanjang kariernya. Fergie tercatat sebagai pelatih dengan jumlah trofi paling banyak.

Dari 49 trofi yang dimenangi Ferguson, 38 di antaranya dia raih bersama Manchester United dalam periode 26 musim. Saat Ferguson pensiun, dia telah aktif menjadi pelatih selama 39 tahun. Rata-rata trofinya per musim adalah 1,25. Separuh yang rata-rata trofi Guardiola saat ini.

Dengan usia masih sangat muda untuk ukuran pelatih (48 tahun), Guardiola punya peluang besar mengejar jumlah trofi Ferguson.

Jika Guardiola aktif melatih selama 39 tahun, seperti Sir Alex, maka saat pensiun nanti dia akan bisa mengoleksi 97 gelar! Itu akan bisa diraih jika Pep bisa mempertahankan rata-rata meraih 2,5 trofi per musim.

Sementara jika Guardiola memutuskan melatih sampai usia 77, sama dengan Ferguson, maka dia akan menyudahi karier dengan 82 trofi (masih dengan asumsi Pep memenangi 2,5 trofi semusim).

Dikutip dari Marca, Dengan rata-rata semusim dapat 2,5 trofi, Pep hanya akan butuh 10 tahun lagi untuk menyamai jumlah gelar Fergie. KONTAK PERKASA FUTURES