Hasil Riset : 6 Kebiasaan yang Tanpa Sadar Bisa Bikin Anda Gemuk | KONTAK PERKASA FUTURES

KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Berat badan susah turun meski sudah melakukan berbagai usaha? Makan sedikit, olahraga dan sadar menghitung kalori, tapi angka di timbangan tak kunjung berkurang bahkan jarum timbangan cenderung ke kanan? Mungkin ada kebiasaan Anda yang diam-diam bikin tubuh menggemuk.

Tanpa disadari, beberapa kebiasaan sehari-hari ini ternyata juga dapat menyebabkan tubuh menjadi gemuk lho. Berikut beberapa kebiasaan tersebut :

1. Kurang tidur

Tidak cukup tidur mempengaruhi hormon leptin yang menekan nafsu makan. Alhasil akan membuat Anda menjadi lebih banyak makan dari yang seharusnya. Rasa kelelahan yang meningkat juga membuat Anda cenderung kurang berolahraga. Para peneliti dari University of Turin menemukan bahwa kurang tidur dikaitkan dengan 70 persen risiko obesitas.

2. Terlalu banyak tidur

Seperti disebutkan sebelumnya, kurang tidur menyebabkan kegemukan. Demikian pula terlalu banyak tidur pun menyebabkan tubuh menggemuk. Para peneliti dari Universitas Glasgow menemukan bahwa individu yang secara genetis cenderung mengalami kelebihan berat badan dan meningkatkan risiko obesitas jika mereka tidur lebih dari sembilan jam dalam semalam.

3. Memotong kalori

Metode penurunan berat ini kadang tidak selalu berhasil bagi semua orang. Bahkan, itu bisa saja berkontribusi terhadap kenaikan lingkar pinggang Anda alias bertambahnya berat badan. Hal karena melewatkan makan akan memperlambat metabolisme dan membuat Anda menjadi lebih lapar, sehingga Anda akan mengalami keinginan makan yang lebih kuat yang sulit untuk dikontrol.

4. Terlalu banyak makan makanan sehat

Makan junk food dan sejenisnya memang berisiko bikin tubuh menjadi gemuk. Oleh karena itu beralihlah ke makanan sehat. Namun ingat, meski yang masuk ke dalam mulut adalah makanan sehat, tetapi bisa menggemukkan jika tidak mengontrol porsinya saat makan. Ya, makan makanan sehat seperti alpukat, ayam dan kentang dengan porsi berlebihan apalagi ditambah saus juga bisa bikin tubuh gemuk.

5. Tidak melakukan latihan yang variatif

Melakukan latihan yang sama berkali-kali menyebabkan Anda menjadi stagnan dari waktu ke waktu. Jika selama ini Anda berlatih di kelas HIIT atau latihan interval intensitas tinggi yang sama, sebaiknya pertimbangkan untuk pindah ke kelas latihan kekuatan yang bekerja untuk kelompok otot Anda yang lain. Jadi, coba variasikan latihan Anda sepanjang minggu untuk mencegah kegemukan.

6. Pola makan yang keliru

Makan dalam gaya prasmanan menyulitkan mengontrol porsi karena Anda tidak menyadari berapa banyak yang Anda makan dan mungkin Anda malah mengambil lebih banyak makanan dari yang seharusnya. Jika Anda terpaksa seperti itu, isi piring Anda dengan semua yang Anda butuhkan sehingga Anda dapat memvisualisasikan apa yang Anda makan. Ketimbang Anda mengambil porsi kecil tapi beberapa detik kembali mengambil makanan lagi.

Semoga Kita Semua mulai saat ini bisa memulai untuk hidup sehat kembali KONTAK PERKASA FUTURES

Sumber : health.detik