KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Forever 21 menjadi salah satu brand fashion yang mendunia saat ini. Jumlah toko retail ini telah mencapai 790 toko tersebar di 48 negara.

Namun tahukah Anda bahwa brand populer asal Amerika Serikat (AS) ini bukan berasal dari penduduk aslinya. Adalah pasangan suami-isteri asal Korea Selatan Do Won dan Jin Sook Chang yang menjadi asal lahirnya brand ini.

Do Won dan Jin Sook Chang masuk dalam daftar orang terkaya di dunia. Sebab, keuntungan dari penjualan produk fashion berbagai negara masuk ke kantong mereka. Forbes mencatat, kekayaan pasangan suami istri alias pasutri ini mencapai US$ 3 miliar. Pasutri ini berada di ranking 766 dalam daftar orang terkaya.
Kekayaan Do Won dan Jin Sook tidak didapat dalam sekejap. Jatuh bangun dan kisah haru mengiringi perjalan karir imigran asal Korea Selatan ini.

Melansir Business Insider, perjalanan Do Won dan Jin Sook menuju kesuksesan dimulai pada tahun 1981. Kala itu, mereka berusia 26 tahun.

Di usia belia, pasutri ini memiliki mimpi untuk sukses di Negeri Paman Sam. Di tahun itu, mereka memutuskan untuk merantau ke Los Angeles (LA).

Upaya meraih mimpi ini terbilang nekat. Saat mendarat di AS, pasangan ini tak memiliki uang sepeser pun. Bukan hanya itu, para perantau tak bergelar sarjana ini masih terbata-bata dalam berbahasa Inggris.

Tak kehabisan akal, berbagai profesi dari petugas kebersihan, penjaga SPBU, hingga pelayan kopi ditempuh untuk menyambung hidup. Rutinitas tersebut mereka jalani selama 3 tahun.

Hingga kemudian inspirasi muncul dan menjadi titik tolak menuju keberhasilan Do Won dan Jin Sook. Ide tersebut muncul dari pengamatan sederhana yang mereka lakukan sehari-hari.
“Saya melihat orang-orang yang mengendarai mobil-mobil terbaik semuanya berbisnis garment,” kata Do Won dalam sebuah wawancara LA Times.

Pada tahun 1984, perantau ini banting setir dan membuat toko pakaian dengan modal yang diperoleh dari jerih payahnya. Toko pakaian pertama bernama Fashion 21 pun berdiri dengan tempat yang tidak terlalu luas.

Toko pertama ini tak butuh waktu lama untuk berkembang. Dalam setahun, Fashion 21 meraup keuntungan US$ 700.000.

Dari situ, Do Won dan Jin Sook terus menerus membuka toko baru setiap 6 bulan. Nama Fashion 21 kemudian juga diubah menjadi Forever 21.

Para perantau ini terus bekerja keras dan tekun membangun bisnis sehingga terus berkembang hingga saat ini. Besarnya Forever 21 juga tak lepas dari peran keluarga.

Do Won dan Jin Sook melibatkan kedua anaknya dalam membangun bisnis. Do Won sebagai CEO dan Jin Sook sebagai Chief Merchandising Officer. Sementara, Linda anak paling tua dipercaya di bagian pemasaran dan adiknya Esther mengelola merek.
“Yang penting anak-anak perempuan saya belajar dari kerja keras yang saya dan istri saya dari perusahaan ini,” ujarnya.

Bukan hanya kepada anak-anak, bagi mereka, Forever 21 mengajarkan orang-orang untuk meraih mimpi.

“Fakta bahwa para imigran yang datang ke Amerika, seperti yang aku lakukan, bisa menghadirkan Forever 21 dan semua tahu itu dimulai dari sebuah hal yang sederhana imigran Korea dengan sebuah mimpi,” terangnya. KONTAK PERKASA FUTURES

Sumber : finance.detik