Jadilah Traveller yang Cerdas ! | KONTAK PERKASA FUTURES

KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Traveling kini menjadi hobi baru yang tengah digandrungi anak muda. Bahkan traveling menjadi sarana untuk menunjukkan eksistensi diri dan gaya hidup.

Berbondong-bondong banyak yang mulai mencoba berbagai pilihan perjalanan, baik open trip atau solo traveling. Bagi Anda yang baru mencoba menyelami dunia traveling, simak kiat berikut supaya Anda jadi traveler cerdas meski minim pengalaman.

1. Riset Waktu Terbaik

Langkah pertama bagi para traveler pemula adalah menentukan destinasi dan waktu perjalanan yang sesuai. Anda mungkin mempunyai beberapa destinasi impian, namun penting untuk memilih tujuan yang tepat demi memaksimalkan perjalanan.

Sebagai contoh, bagi Anda yang hendak berlibur ke Jepang untuk menikmati Sakura, bulan Maret sampai April adalah waktu yang terbaik. Japan Weather Association memprediksikan, bunga sakura akan mekar terlebih dulu di Tokyo, kemudian Kyoto dan beberapa kota lainnya.

2. Simpan Uang dengan Aman

Sebelum memulai traveling, ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu mengenai tempat wisata tersebut, termasuk tingkat keamanannya.

Laman forbes.com menyarankan agar Anda tidak menyimpan barang berharga di tempat yang mudah dijangkau pencuri. Tidak ada salahnya Anda tetap waspada di mana pun berada.

Hal yang lainnya yang patut diperhatikan adalah tidak membawa uang tunai berlebihan. Manfaatkan layanan perbankan bank (ATM dan kartu kredit) untuk mempermudah semua transaksi.

Untuk berjaga-jaga, Anda bisa menaruh uang di tempat yang berbeda-beda seperti yang disarankan.

3. Pelajari cara menawar yang ampuh

Seni tawar menawar di setiap tempat berbeda-beda sesuai dengan kebudayaan yang dianut. Menawar di kaki lima adalah cara efektif untuk menekan pengeluaran saat liburan.

Bagi Anda yang hendak liburan ke Korea, misalnya, disarankan belanja di kaki lima Myeongdong, Seoul. Jun, salah satu warga asli Korea, memberi saran agar menawar lebih dahulu.

Caranya tidak beda dengan di pasar di Indonesia, jika kita menawar dan tidak disetujui penjual maka naikkan tawaran kita. Jika tawaran sudah dirasa cukup tapi penjual tetap ngeyel, maka tinggalkan.

Kalau komunikasi yang terjadi tetaplah ‘lost in translation‘, jangan panik. Jika Anda melihat kalkulator di lapak pedagang yang Anda datangi, sambar saja. Sebutkan jumlah barang atau harga yang Anda mau, walaupun Anda dan pedagang tidak saling memahami bahasa masing-masing.

Pedagang pasar yang sering didatangi wisatawan biasanya punya kalkulator. Tapi buat jaga-jaga, Anda bisa bawa kalkulator mini atau gunakan kalkulator di ponsel Anda.

4. Pilih OTA yang memudahkan

Jika semua hal tentang destinasi wisata telah diriset maka saatnya Anda mulai memilih beragam akomodasi melalui Online Travel Agent (OTA).

Anda bisa mengandalkan Traveloka yang sudah terkenal sebagai OTA terpercaya dalam memenuhi berbagai keperluan traveling, mulai dari pemesanan hotel, tiket pesawat, kereta api, atraksi, hingga pulsa dan paket data saat bepergian.

Dengan Traveloka, Anda juga bebas cemas kalau perjalanan batal atau mesti diundur. Sebab, Anda bisa melakukan refund atau pengembalian dana dengan cepat dan mudah dengan fitur 30 Days Refund Guarantee.

Cukup manfaatkan akun Traveloka Anda, lakukan log in, masuk ke menu Pesanan Saya, cek Detail Pesanan, lalu isi Formulir Refund.

Traveloka akan segera memproses refund tersebut, dan uang Anda dikembalikan dalam waktu kurang dari 30 hari, terhitung setelah Anda melakukan refund.

Jadi, siapkan ransel Anda dan jangan takut memulai petualangan. Kiat-kiat tersebut akan memudahkan perjalanan meski Anda minim pengalaman.

Yuk, jadi traveler cerdas mulai dari hari ini ! KONTAK PERKASA FUTURES

Sumber : news.detik