Rekomendasi Emas 7 Januari 2020: Turun Karena Aksi Ambil Untung & Naiknya USD | KONTAK PERKASA FUTURES

KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Harga emas berjangka turun pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat karena aksi ambil untung yang normal dari para trader berjangka dan konsolidasi grafik tehnikal setelah emas menyentuh ketinggian selama dua bulan dalam perdagangan semalam. Emas berjangka kontrak bulan Februari diperdagangkan turun $45.00 pada $1,909.30 per ons.

Pasar saham global bervariasi dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS  bervariasi mengarah kepelemahan pada saat perdagangan sesi New York dimulai. Naiknya kembali USD, setelah sebelumnya sempat tertekan turun dengan nominasi partai Demokrat memimpin atas nominasi partai Republikan dalam pemilihan anggota Senat di Georgia, sekalipun kemenangan terlihat berbau kecurangan yang pekat, menambah tekanan turun bagi metal berharga. Prospek akan dikeluarkannya paket stimulus multi-triliun yang baru yang akan membuat uang mengalir lebih banyak ke ekonomi AS dan global sehingga membuat dolar AS yang safe-haven semakin tidak diperlukan. Indeks saham AS juga mengalami tekanan turun dengan berita diatas karena Kongres yang dikontrol Demokrat kemungkinan akan membawa kepada kenaikan pajak.

Harga minyak mentah berjangka naik ke ketinggian 10 bulan dan diperdagangkan sekitar $50.30 per barel.

Penurunannya selanjutnya akan berhadapan dengan “support” terdekat di $1,900.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,889.10 dan kemudian $1,873.00. Kenaikannya akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $1,941.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,950.00 dan kemudian $1,962.50. KONTAK PERKASA FUTURES

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting