Rekomendasi Harga Emas 23 Juli 2020: Emas Naik Ke Ketinggian 9 Tahun Dengan Banyak Alasan | KONTAK PERKASA FUTURES

KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Harga emas naik tinggi lagi pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat, ke ketinggian hampir 9 tahun. Emas sekarang tidak jauh dibawah rekor ketinggian di $1,920.70 yang tercatat pada 2011. Pada pertengahan minggu ini pasar menjadi pasar emas. Permintaan safe-haven, pembelian secara tehnikal, melemahnya indeks dolar AS, naiknya harga minyak mentah, dan bertambahnya permintaan konsumen dari Cina dan kemungkinan juga India semua memberikan bahan bakar bagi pergerakan naik harga emas.

Emas berjangka kontrak bulan Agustus terakhir naik $9.70 per ons pada $1,853.70. Sementara emas Antam ditawarkan beli pada Rp 982.000,- per gram, naik Rp 19.000,-

Pasar saham global kebanyakan turun dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah turun pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Para trader dan investor lebih enggan terhadap resiko pada pertengahan minggu.

Hubungan AS – Cina terus memburuk setelah AS tiba-tiba menutup konsulat Cina di Houston, Texas. Cina memandang pergerakan AS ini sebagai eskalasi yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam ketegangan AS dengan Cina.

Presiden Trump mulai melakukan penjelasan mengenai Covid – 19 lagi dan pada hari Selasa berkata bahwa pandemik di AS akan bertambah buruk sebelum akhirnya membaik. Trump juga mendesak orang-orang Amerika untuk memakai masker.

Harapan akan munculnya paket bantuan keuangan berikutnya dari pemerintah AS dengan cepat memudar pada minggu ini, ditengah ketidak sepakatan diantara para legislator mengenai isi dari paket.

Kenaikan harga emas selanjutnya akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $1,866.80 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,875.00 dan kemudian $1,900.00. Sementara penurunannya akan berhadapan dengan “support” terdekat di $1,842.10 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,829.80 dan kemudian $1,800.00. KONTAK PERKASA FUTURES

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting