Tips Mengatasi Rasa Nyeri yang Sering Dirasakan oleh Tubuh Manusia | KONTAK PERKASA FUTURES

KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Ada banyak jenisnya rasa sakit, hanya saja yang umum dialami adalah rasa sakit pinggang, sakit menjelang waktu menstruasi, sakit kepala, dan nyeri otot. Tapi menurut James Nevile, senior farmasi dari Amcal, masih banyak wanita yang belum paham cara menangani rasa sakit tersebut secara efektif.

“Obat non-steroid, anti-inflamasi seperti Ibuprofen biasanya digunakan untuk mengobati jenis rasa sakit akut ini, namun ada risiko timbulnya efek samping seperti gangguan pencernaan, sakit maag atau perut yang sakit jika terlalu sering dilakukan. Ada perawatan lain yang bisa meringankan jenis rasa sakit yang mungkin sedang kamu alami itu,” kata Nevile. Seperti apa rekomendasinya ?

1. Sakit Kepala

Mengalami sakit kepala yang buruk bisa mengganggu hari dan mempengaruhi suasana hati. Inilah cara untuk menghilangkannya.

Pertama dengan tetap mengonsultasikan dengan seorang ahli, seperti dokter yang dapat membantumu menentukan keparahan sakit kepala yang sedang kamu rasakan sehingga bisa menemukan solusi pereda nyeri yang tepat.

Waspadalah terhadap asupan airmu. Pastikan kamu memiliki sudah memenuhi kebutuhan air harian karena ini akan memerangi dehidrasi yang sering dikaitkan dengan sakit kepala ringan.

Di samping itu, sakit kepala yang diakibatkan kontraksi otot bisa berkembang dari ketegangan pada otot wajah dan leher. Menggunakan teknik relaksasi sederhana seperti yoga yang fokus pada pernapasan, atau menerapkan latihan meditasi yang ada di YouTube adalah cara bagus untuk membantu membuat pikiran nyaman.

2. Sakit punggung

Tetap waspada karena sakit punggung adalah masalah yang bisa menjadi indikasi beberapa penyakit serta kondisi yang berbeda. Jika kamu mengalami sakit punggung kronis, penting untuk mengonsultasikannya pada dokter untuk menyelidiki penyebabnya. Namun, jika rasa sakitmu cenderung ringan dan berlangsung tidak lama, tips berikut mungkin bisa membantu.

Jangan mengira bahwa diam sebagai solusi yang tepat. Malahan, bergerak aktif merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi sakit punggung. Bicarakan dengan fisioterapis tentang latihan yang sesuai dengan kondisimu.

Selain itu, hindari juga stres sebab stres bisa membuat rasa sakit semakin parah. Temukan strategi untuk membantumu mengelola stres di tempat kerja atau di rumah.

3. Nyeri otot

Jika otot sakit setelah berolahraga, itu adalah hal yang wajar. Tapi tidak dapat disangkal, hal itu dapat mempengaruhi kemampuan untuk melanjutkan aktivitas sehari-hari.

Lakukan peregangan tak hanya sebelum berolahraga, tapi juga sesudahnya. Tidur nyenyak atau istirahat yang besar di siang hari juga dapat membantu meringankan dan menyegarkan kembali otot. Jika ingin menggunakan obat, konsultasikan kepada tenaga medis profesional agar mendapatkan solusi tepat.

4. Sakit menjelang menstruasi

Kram karena menstruasi yang mengganggu kehidupan sehari-hari disertai dengan gejala ketidaknyamanan saat bersenggama, atau periode menstruasi yang berat atau lama, sebaiknya jangan dibiarkan begitu saja sebab bisa jadi pertanda sejumlah masalah kesehatan serius. Namun untuk rasa sakit yang ringan, kamu bisa menempuh langkah seperti yang disarankan Nevile ini.

Gunakan waktu satu jam (atau lebih) untuk beristirahat dengan berdiam diri di tempat tidur. Mandi air hangat, mengompres perut, atau peregangan ringan untuk juga dapat mengurangi rasa sakit.

Yang tak disangka, masalah tidur bisa erat kaitannya dengan siklus menstruasi. Jika kamu mencurigai masalah tidurmu terkait dengan siklus haid, ada baiknya mencatatnya pada sebuah jurnal untuk mengidentifikasi pola. Diskusikan lebih lanjut pada dokter. KONTAK PERKASA FUTURES

Sumber : health.detik