VAR di UEFA 2019/2020 | KONTAK PERKASA FUTURES

KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – UEFA mengonfirmasi bahwa penggunaan Video Assistant Referee (VAR) di Liga Champions bukan lagi sebatas rencana. VAR akan debut di Liga Champions pada 2019/2020.

UEFA memang sebelumnya menunda penggunaan VAR di Liga Champions, meski sejumlah liga top Eropa sudah menerapkan teknologi ini. Induk asosiasi sepakbola negara-negara Eropa ini baru berencana memakainya di Liga Champions pada 2019/2020.

Kini UEFA memastikan hal itu bukan lagi sebatas rencana. VAR dipastikan akan hadir di Liga Champions musim tersebut, plus kompetisi-kompetisi lain di bawah naungan UEFA.

Liga Europa akan menggunakan VAR mulai musim 2020/2021, sementara Piala Super Eropa 2019 sudah akan memanfaatkan teknologi ini. Teknologi ini juga akan diterapkan pada Piala Eropa 2020 dan final UEFA Nations League 2021.

“Kami percaya diri bahwa menerapkan VAR di bulan Agustus 2019 akan memberikan kami waktu yang cukup untuk meletakkan sistem yang kuat dan untuk melatih ofisial-ofisial pertandingan, untuk memastikan penerapan VAR yang efisien dan sukses di UCL, kompetisi klub paling unggul di dunia,” ungkap Presiden UEFA Aleksander Ceferin, seperti dilansir Twitter UEFA.

Terkait VAR, Liga Australia adalah liga profesional pertama yang menggunakan teknologi ini pada 2017 silam. MLS Amerika Serikat lantas menyusul, diikutip Bundesliga Jerman, Serie A Italia di Eropa, dan La Liga Spanyol.

Oleh FIFA, teknologi ini sudah dipakai di Piala Dunia 2018 lalu. Sebelumnya FIFA mengujinya di Piala Konfederasi 2017. KONTAK PERKASA FUTURES

Sumber : sport.detik