Korea Utara Uji Roket Jelang Kunjungan PM China ke SeoulYonhap News Agency Korea Selatan melaporkan bahwa pada Rabu pagi Korea Utara telah menembakan roket jarak pendek ke laut lepas pantai timur, satu hari menjelang kunjungan kenegaraan Presiden China Xi Jinping ke Seoul.

Korea Utara, yang sedang menguji dua rudal jarak pendek pada hari Minggu merupakan pelanggaran larangan yang telah di umumkan PBB, diperkirakan akan menjadi agenda penting pertemuan PM China dan Korea Selatan.

Xi, yang dijadwalkan tiba di Seoul pada hari Kamis dalam kunjungan pertamanya ke Korea Selatan sejak menjabat tahun lalu, membalas kunjungan Park ke China tahun lalu.
Dalam program nuklir dan rudal Korea Utara yang rencananya akan kembali mengadakan uji coba nuklir keempatnya akan mendominasi agenda pertemuan kedua kepala Negara tersebut, menurut seorang pejabat di Seoul.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan belum bisa mengkonfirmasi jenis senjata apa yang telah ditembakan, tetapi mereka asumsikan itu adalah roket jenis 300 mm yang diluncurkan dari salah satu kelompok Peluncur Roket Korea Utara.

Dalam resolusi PBB, Korea Utara dilarang melakukan pengadaan dan menggunakan teknologi rudal balistik, tapi peluncur roket jarak pendek tidak termasuk dalam larangan tersebut.

Artikel: kontakperkasa futures.