Kredit Macet Meningkat Tajam Seret turun Indeks Saham Berjangka ChinaIndeks saham berjangka China turun pasca kredit macet perbankan mengalami kenaikan kuartalan terbesar dalam sejak tahun 2005 lalu yang memicu kekhawatiran perlambatan ekonomi terbesar kedua di dunia semakin mendalam.

Indeks CSI 300 berjangka yang berakhir pada bulan Juni, kontrak paling aktif, turun tipis 0,1 persen ke level 2,134.20 pukul 09:19 pagi waktu setempat. Industrial & Commercial Bank of China Ltd dan China Construction Bank Corp, bank kreditur terbesar, dapat bergerak seiring Kredit bermasalah meningkat sebesar 54 miliar yuan ($8.7 miliar) dalam tiga bulan terakhir sampai Maret lalu hingga mencapai 646.1 miliar yuan, level tertinggi sejak September 2008, menurut data yang dirilis oleh China Banking Regulatory Commission kemarin.

Shanghai Composite Index turun sebesar 1,1 persen ke level 2,024.97 kemarin. Indeks ChiNext, yang didominasi oleh perusahaan-perusahaan industri swasta seperti teknologi, turun 1,9 persen, memperpanjang penurunan menjadi 19,6 persen sejak level tertingginya pada Februari lalu.

Indeks saham Shanghai telah turun sebesar 4,3 persen tahun ini karena kekhawatiran perlambatan pertumbuhan dapat mengurangi pendapatan dan potensi kembalinya penawaran umum perdana (IPO) yang akan mengalihkan dana.

Kementerian perdagangan China diperkirakan mempublikasikan data investasi asing langsung pada bulan April lalu pukul 10 pagi. Data output industri, penjualan ritel dan investasi untuk April yang dirilis pekan ini semua membuntuti perkiraan analis. Presiden Xi Jinping mengatakan pekan lalu bahwa China perlu beradaptasi dengan “New normal” dalam laju pertumbuhan ekonomi.

Artikel: kontakperkasa futures.