PT KONTAK PERKASA FUTURES – Berstatus kampiun Bundesliga tidak menjamin Bayern Munich akan meraih Piala Super Jerman. Mengacu statistik sejak 2011, Borussia Dortmund justru diuntungkan.

Sejak dicetuskan pada 1987, Bayern sudah tampil sembilan kali, terbanyak di antara tim-tim lainnya. Akan tetapi, Bayern juga menderita kekalahan lebih banyak dari tim-tim lain [lima]. Sedangkan Dortmund cuma gagal dua kali dari tujuh penampilannya.

Adapun tren buruk lain yang membayangi Bayern. Sejak lima tahun lalu saat juara Piala DFB atau runner-up Bundesliga diputuskan menggelar turnamen ini, tim tuan rumah selalu berhasil mengangkat trofi Piala Super Jerman.

Saat itu Schalke sukses mengalahkan Dortmund lewat adu penalti 3-4 usai berimbang 0-0 selama 90 menit dalam laga di Veltins Arena.

Setahun berikutnya, giliran Bayern tampil sebagai pemenang. Bayern, yang berstatus sebagai runner-up liga dan Piala DFB mengalahkan Dortmund si juara kedua kompetisi, dengan skor 2-1 di Allianz Arena.

Dua edisi berikutnya menjadi milik Dortmund. Di 2013, Dortmund menang 4-2 atas Bayern di Signal Iduna Park dan 0-2 di venue serupa.

Sedangkan pada tahun lalu, ambisi Bayern mengakhiri puasa gelar Piala Super Jerman kembali kandas. Menghadapi runner-up liga dan juara Piala DFB Wolfsburg, raksasa Bavaria itu menyerah dalam adu penalti 4-5 usai seri 1-1 di waktu normal dalam laga di Volkswagen Arena. Demikian dikutip dari Bundesliga.com.

Piala Super Jerman 2016 akan mempertemukan Bayern melawan Dortmund di Signal Iduna Park, Senin (15/8/2016) dinihari WIB. Akankah tren itu bisa tetap berlanjut?

Tren Positif Tim Tuan Rumah

2011 Dortmund 0-0 Schalke di Veltins Arena [Schalke menang adu penalti 4-3] 2012 Dortmund 1-2 Bayern di Allianz Arena
2013 Bayern 2-4 Dortmund di Signal Iduna Park
2014 Bayern 0-2 Dortmund di Signal Iduna Park
2015 Bayern 1-1 Wolfsburg di Volkswagen Arena [Wolfsburg menang adu penalti 5-4]. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES