PT KONTAK PERKASAWall Street terus meningkat dengan S&P 500 naik untuk sesi kelima, menyentuh nilai $20 triliun untuk pertama kalinya, karena investor terus berspekulasi bahwa Presiden Donald Trump akan memberlakukan kebijakan fiskal untuk mendukung saham lebih lanjut.

Pada pukul 23.40 WIB, Dow Jones naik 129 poin, atau 0,64%, S&P 500 naik 10 poin, atau 0,44%, sedangkan Nasdaq Composite diperdagangkan naik 28 poin, atau 0,48%.

Dalam sesi dengan tidak ada laporan ekonomi utama, investor mengambil menerima kenyataan bahwa KTT dua hari AS-Jepang diadakan selama akhir pekan tampaknya berakhir dengan lancar tanpa Trump berbicara keras tentang isu-isu perdagangan, mata uang dan keamanan.

Pada hari Senin, transaksi perdagangan akan tetap fokus setelah Trump bertemu dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau kegiatan pertemuan resmi pertama sejak Presiden AS berjanji untuk menegosiasikan kembali Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA).

Sebuah konferensi pers bersama dijadwalkan setelah pertemuan dan makan siang bersama pukul 01.00 WIB.

Trump memberi pelaku pasar harapan Kamis lalu seperti yang ia janjikan “lebih cepat dari jadwal” untuk menyampaikan rencana “fenomenal” pajak untuk mengurangi beban perusahaan Amerika dan memacu pertumbuhan ekonomi.

Meskipun harga minyak mentah awalnya kupas kerugian, kekhawatiran tentang peningkatan aktivitas pengeboran AS tampaknya lebih besar daripada sentimen bullish dan minyak merosot sekitar 2% dekat perdagangan tengah hari Senin.

Penyedia jasa ladang minyak Baker Hughes mengatakan Jumat malam bahwa jumlah rig pengeboran minyak AS meningkat sebesar 8 pekan lalu, kenaikan 14 kalinya dalam 15 minggu.

Hal itu menjadikan jumlah totalnya 591, tertinggi sejak Oktober 2015, menggarisbawahi kekhawatiran bahwa rebound produksi shale AS yang sedang berlangsung dapat menggagalkan upaya produsen besar lainnya untuk menyeimbangkan permintaan dan penawaran minyak global.

Minyak mentah berjangka tenggelam 1,78% ke $52,90 pada pukul 00.41 WIB, sedangkan minyak Brent diperdagangkan turun 1,96% menjadi $55,59. (hnm) – PT KONTAK PERKASA