Lazada Klaim Punya Gudang TerbesarKontakPerkasa Futures, Bisnis online terbukti menjanjikan, salah satu yang merasakannya adalah Lazada. Demi mengakomodir permintaan pasar yang diprediksi akan terus meningkat, toko online ini memperbesar gudang transaksinya hingga berukuran belasan ribu meter persegi.

Lebih tepatnya seluas 12 ribu meter persegi. Dengan ukuran seluas itu Lazada lantas mengklaim bahwa gudang miliknya adalah yang terbesar di antara pelaku e-commerce saat ini. Gudang yang berlokasi di wilayah Jakarta Timur ini pun didaulat sebagai pusat transaksi Lazada untuk melayani konsumen seluruh Indonesia.

Saat detikINET memasukinya, sejatinya tak jauh berbeda dengan kebanyakan gudang di level industri. Berbagai barang ditumpuk di jajaran rak yang punya ‘tanda pengenal’ masing-masing. Jadi karyawan Lazada tak akan kerepotan saat mencari item tertentu.

Gudang tersebut terintegrasi dengan sistem jualan Lazada. Jadi bila ada konsumen yang memesan, karyawan yang ada akan langsung menangani pesanan secara real-time. Tak cuma karyawan Lazada yang ada di gudang itu, ada juga perwakilan dari lima ekpedisi yang menjalin kerjasama dengan Lazada.

Sehingga tiap barang yang ingin dikirim dapat langsung diproses oleh kelima jasa pengiriman tersebut. Tapi sejatinya Lazada sendiri juga punya kurir pengiriman dengan sebutan LEX, hanya saja jangkauannya masih terbatas di sekitaran Jabodetabek.

Ryn Hermawan, SVP Operations Lazada Indonesia mengatakan, dalam sehari gudang Lazada ini bisa melakukan pengiriman hingga puluhan ribu item. Adapun gudang Lazada sendiri memang disiapkan untuk bisa menangani sekitar 50 ribu transaksi pengiriman tiap harinya.

Tapi demi mengejar efisiensi tempat, semua barang yang ada di gudang Lazada punya batas waktu penyimpanan. Lazada memberikan tenggat paling lama sekitar 1 bulan.

 

“Waktu maksimal 1 bulan disimpan di gudang Lazada ini. Tapi jarang yang sampai selama itu, karena paling lama 2 minggu juga sudah terjual,” ujar Ryn, Selasa (20/1/2015).

Soal keamanan, Lazada juga cukup ketat menjaga barang-barang di gudangnya itu. Ryn menyebut ada sebanyak 70 cctv yang disebar di seluruh bagian gudang. Selain itu untuk barang elektronik seperti ponsel, kamera, dan laptop di tempatkan di lokasi khusus. Lokasi ini dilindungi oleh pagar teralis dan diintai juga oleh kamera CCTV.

“Kita juga menempatkan satu petugas keamanan dalam lokasi tersebut yang bertugas khusus menjaganya. Karyawan yang bisa masuk juga tidak sembarangan, jadi memang cuma yang berwenang saja,” pungkas Ryn. (hnm)

 

Artikel: kontakperkasa futures.