PT KONTAK PERKASA FUTURES – Timnas Nigeria sudah punya pelatih baru untuk menghadapi Kualifikasi Piala Dunia 2018. Dia adalah mantan pelatih Lyon dan Timnas Kamerun, Paul Le Guen.

Nigeria tak punya pelatih tetap sejak Mei lalu dan ditangani caretaker Salisu Yusuf, setelah memutuskan pisah jalan dengan Sunday Oliseh Februari lalu.

Setelah melakukan pencarian, Nigeria akhirnya memutuskan memilih Le Guen dari beberapa kandidat termasuk pelatih asal Belgia Tom Sainfiet dan Salisu Yusuf.

Le Guen sendiri ditugaskan untuk meloloskan Nigeria ke Piala Dunia 2018. Bersama Yusuf, Le Guen akan membawa ‘Elang Super’ melewati hadangan lawan-lawan berat di fase kualfikasi seperti Aljazair, Kamerun, dan Zambia.

“Paul Le Guen ditunjuk sebagai pelatih Nigeria yang baru dan dia akan diasisteni oleh Yusuf serta Imma Amakapabo dari Enugu Rangers,” ujar Anggota Komite Teknik Federasi Sepakbola Nigeria, Paul Bassey, seperti dilansir Sky Sports.

Meski demikian Le Guen patut waspada karena alasan Oliseh meninggalkan Nigeria awal tahun ini dikarenakan persoalan gaji yang telat dibayarkan. Bahkan gaji Oliseh kabarnya tidak dibayar sama sekali beberapa bulan.

Namun, federasi kali ini menjanjikan bahwa Le Guen akan digaji penuh dan tepat waktu.

Le Guen sendiri terakhir melatih timnas Oman meski dipecat pada November tahun lalu karena performa buruk di sesi Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Persepakbola Nigeria memang tengah terpuruk usai tim itu menjuarai Piala Afrika 2013 yang ditandai kegagalan lolos ke edisi 2015 serta 2017.

Nigeria bahkan kini berada di posisi ke-70 dalam daftar ranking FIFA, mendekati posisi terendahnya selama ini yakni 82 yang terakhir ditempati pada November 1999.

Le Guen sendiri naik namanya ketika membawa klub Prancis, Lyon, dua kali juara Ligue 1 serta membawa Kamerun lolos ke Piala Dunia 2010. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES