PT KONTAK PERKASA FUTURES – Ada dua debutan fase grup Liga Champions di musim 2016/2017 ini. Yang pertama Rostov dan Rusia, yang lainnya adalah Leicester City sang juara Premier League.

Jika Rostov lolos ke fase grup setelah membuat kejutan dengan menyingkirkan Ajax Amsterdam di playoff, Leicester bisa berlaga di kasta teratas klub-klub Eropa itu dengan lolos langsung. The Foxes sudah lebih dulu menciptakan kejutan sangat besar saat memenangi Premier League 2015/2016.

Keberhasilan Leicester memuncaki klasemen akhir Premier League 2015/2016 malah disebut sebagai salah satu kejutan terbesar di sepanjang sejarah olahraga modern. Lolos ke Liga Champions musim ini membuat klub tersebut kembali ke pentas sepakbola Eropa, setelah yang terakhir mereka rasakan di tahun 2000 silam di Piala UEFA.

Berstatus juara Inggris, bagaimana kiprah Leicester di Liga Champions tentu sangat menarik dinantikan. Saat tampil di Piala UEFA lebih dari 15 tahun lalu, Leicester langsung didepak Red Star Belgrade di babak pertama.

Leicester tentu berharap punya peruntungan yang lebih baik di kesempatan kali ini. Jalan mereka mendapat peruntungan baik itu sedikit terbuka karena mereka akan ditempatkan di Pot 1 dalam drawing yang akan dilakukan Kamis (25/8/2016) malam WIB nanti. Pot 1 adalah tempat tim-tim unggulan, di mana bergabung juga di sana Real Madrid, Barcelona, Bayern Munich, Juventus, Benfica dan CSKA Moskow.

Artinya, paling tidak Leicester tidak akan bertemu salah satu dari para kandidat kuat juara tersebut. Tapi itu tak berarti juga mereka bakal dapat lawan mudah. Beberapa seteru berat yang mungkin bertemu di fase grup adalah Atletico Madrid dan Borussia Dortmund dari Pot 2, PSV Eindhoven dan Sporting dari Pot 3, atau Besiktas dan Celtic yang berada di Pot 4.

Sayangnya, Leicester justru menjalani start yang kurang meyakinkan di musim ini. Setelah kalah dari Hull City di pekan pembuka, mereka cuma bermain imbang tanpa gol kontra Arsenal. Dengan matchday pertama baru akan digelar pada 14 September mendatang, Claudio Ranieri punya waktu singkat untuk menyiapkan skuatnya menghadapi kompetisi yang tak pernah mereka rasakan sebelumnya.

Dari skuat yang dipunya, komposisi kekuatan Leicester tak banyak berubah dibanding musim lalu. Cuma N’Golo Kante pemain pilar yang pergi. Tapi ketiadaan gelandang asal Prancis itu sudah sangat dirasakan, terutama saat menelan kekalahan dari Hull. Sementara Ahmed Musa, yang tampil impresif ketika beruji coba dengan Barcelona di pramusim lalu, sejauh ini juga belum menunjukkan kontribusi yang diharapkan.

“Itu (drawing Liga Champions) membuat kami antusias karena ini adalah kali pertama klub ini berada di dalamnya (Liga Champions). Kami akan berada di grup yang berisi klub top, jadi semoga lawan yang kami hadapi tidak sebesar yang sebelumnya dikhawatirkan,” ucap Danny Drinkwater di Leicester Mercury.

Drawing Liga Champions akan dilangsungkan di Grimaldi Forum, Monako, pukul 23.00 WIB malam nanti. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES