Lenovo Dilaporkan Mau Akuisisi BlackBerryKontakPerkasa Futures, Lenovo Group Limited dikabarkan tengah menaksir BlackBerry Ltd. Perusahaan asal Tiongkok itu dilaporkan Benzinga telah mengajukan penawaran akuisisi ke perusahaan komunikasi mobile asal Kanada pada minggu lalu. Menurut sumber Lenovo yang tak disebut namanya, penawaran itu berkisar $15-$18 per lembar saham BlackBerry.

 Minat Lenovo terhadap BlackBerry disebutkan sudah muncul sejak tahun lalu. Pada Januari 2013, CFO Lenovo Wong Wai Ming pernah mengatakan bahwa BlackBerry (saat itu masih Research in Motion) adalah salah satu perusahaan yang punya banyak peluang. Namun demikian, pihak BlackBerry hingga kini belum mengeluarkan pernyataan resminya.

 Setahun setelahnya, pemerintah Kanada dilaporkan menutup potensi akuisisi Lenovo terhadap BlackBerry. Laporan yang beredar mengatakan hal ini ada kaitannya dengan masalah keamanan nasional.

Jika memang benar BlackBerry akan bergabung dengan Lenovo, tentu ini akan menjadi peluang besar baru untuk Lenovo. Seperti diketahui, proses pembelian Lenovo terhadap Motorola akan selesai dalam waktu dekat. Selain itu, pekan lalu Lenovo juga mengumumkan bahwa pihaknya akan meluncurkan merek perangkat mobile baru yang menggunakan model bisnis berbasis internet seperti Xiaomi. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.