5Dollar Australia untuk pertama kalinya turun di bawah level US83 sen dalam 4 tahun terakhir setelah rilis data tenaga kerja AS yang menunjukkan kenaikan.

Pukul 7 pagi waktu Australia (AEDT), mata uang lokal tersebut diperdagangkan pada level US82.96 sen,  turun dari level Jumat lalu US83.76 sen.

Pada Senin pagi ini, Aussie turun di level US82.90 sen, level terendah sejak Juni 2010 lalu.

Perekonomian AS November lalu mencatat pekerjaan baru sebesar 321,000, tingkat pertumbuhan tenaga kerja bulanan tertinggi dalam hampir 3 tahun terakhir, menurut Departemen Tenaga Kerja AS.

Analis mata uang Bank of New Zealand Raiko Shareef menyatakan rilis data dari AS tersebut mengantarkan dollar Australia dan mata uang lainnya berada dibawah tekanan di akhir pekan lalu.

Pekan lalu mata uang Australia turun 2%, penurunan mingguan tertajam dalam 3 bulan terakhir, setelah beberapa ekonom mengubah perkiraannya yang meliputi penurunan suku bunga Reserve Bank di awal 2015 mendatang mengikuti rilis data pertumbuhan ekonomi yang mengecewakan.

Rilis data gross domestik product (GDP) menunjukkan bahwa perekonomian tumbuh kurang dari setengah laju kuartal lalu seperti yang diperkirakan pada September lalu.

 Artikel: kontakperkasa futures.