Madrid Sudah Punya 'Koleksi' Pemain dari 32 Negara BerbedaJakarta – Mungkin tidak ada klub lain yang berhasil mendatangkan pemain dari begitu banyak negara berbeda seperti Real Madrid. Keylor Navas menambah global status El Real karena kini ada 32 negara berbeda yang pemainnya pernah merumput untuk mereka.

Keylor Navas menjadi pemain asal Kosta Rika pertama yang dipunya Real Madrid. Dalam perjalanan 112 tahun sejarah Madrid kini tercatat ada 32 negara berbeda yang pemainnya pernah bermarkas di Santiago Bernabeu.

Untuk skuat saat ini saja Madrid terdiri dari pemain-pemain yang berasal dari 10 negara. Jumlahnya akan bertambah menjadi 12 jika Carlo Ancelotti (Italia) dan Paul Clement (Inggris) yang berada di staff kepelatihan ikut disertakan.

Negara asing sebagai penyumbang pemain terbanyak untuk Madrid adalah Argentina dengan telah ada 29 nama berbeda pernah berseragam ‘Si Putih’.

Di belakang Argentina ada Brasil yang punya 21 pemain. Berikutnya ada Prancis dengan 10 pemain pernah dan masih bermain di Madrid – termasuk Karim Benzema dan Raphael Varane yang masih aktif saat ini. Sementara kedatangan Toni Kroos membuat Jerman kini telah menyumbang sembilan pemain.

Argentina, Brasil, Prancis dan Jerman menyumbang 50% dari total pemain asing yang pernah dipunya Madrid. Di belakang mereka ada Belanda, Uruguay, Inggris, dan Portugal. Beberapa negara bahkan kini sudah tidak ada lagi seperti Yugoslavia dan Cekoslovakia.

Terkait penyebarab benua asal pemain, Eropa menjadi penyumbang pemain (asing) terbanyak yakni sejumlah 69 nama. Berikutnya ada benua Amerika yang berjumlah 68 nama dan lima pemain dari Benua Afrika.

Meski telah mendatangkan banyak pemain dari berbagai negara di seluruh dunia, hingga kini Madrid belum memiliki pemain asal Asia.

Artikel: kontakperkasa futures.