Malam Bersejarah Albania KontakPerkasa Futures, Albania memang masih harus menanti nasib untuk lolos ke 16 besar Piala Eropa 2016. Tapi malam ketika mereka menang atas Rumania akan dikenang sepanjang masa.

Albania memetik kemenangan tipis 1-0 ketika berhadapan dengan Rumania di Parc Olympique Lyonnais, Senin (20/6/2016) dinihari WIB. Gol Armando Sadiku menjadi satu-satunya pembeda di laga tersebut.

Ini merupakan kemenangan pertama Albania di Piala Eropa, sekaligus kemenangan perdana mereka di turnamen besar sebagaimana dicatat Opta. Piala Eropa 2016 sendiri memang merupakan turnamen mayor yang pertama untuk tim berjuluk ‘Elang’ ini dalam sejarahnya.

Sebelumnya, mereka menelan kekalahan 0-1 dari Swiss dan 0-2 dari Prancis. Oleh karenanya, gol Sadiku ke gawang Rumania juga tercatat sebagai gol pertama Albania di turnamen besar.

Tak berhenti di sana, Albania juga sudah menghentikan rekor buruk tak pernah menang lawan Rumania yang sudah berjalan sejak Mei 1948. Mereka sebelumnya melaju 13 pertemuan tanpa sekalipun berhasil memetik kemenangan.

Hasil atas Rumania juga menghidupkan kesempatan Albania untuk lolos ke babak 16 besar. Finis di posisi tiga Grup A dengan nilai tiga, Albania kini menunggu nasib apakah akan termasuk dalam empat tim peringkat tiga terbaik setelah fase grup tuntas seluruhnya. (hnm)