PT KONTAK PERKASA FUTURES – Julen Lopetegui menilai Vicente del Bosque sudah bekerja dengan luar biasa di tim nasional Spanyol. Pelatih baru La Furia Roja itu pun berjanji untuk tak menyia-nyiakan warisan Del Bosque.

Menggantikan Luis Aragones pada 2008, Del Bosque sukses mengantarkan Spanyol menjadi juara Piala Dunia 2010. Dua tahun kemudian, dia membawa negaranya itu menjadi kampiun Piala Eropa.

Namun, dalam dua turnamen besar terakhir, Spanyol gagal melaju jauh. Mereka tersingkir di fase grup Piala Dunia 2014 dan babak 16 besar Piala Eropa 2016.

“Kami akan berusaha untuk memanfaatkan semua hal baik yang sudah dia (Del Bosque) lakukan untuk sepakbola Spanyol selama bertahun-tahun. Kami tidak akan menyia-nyiakan banyak hal indah yang sudah diberikan tim ini kepada kami,” ujar Lopetegui dalam konferensi pers pertamanya sebagai pelatih Spanyol.

“Sepakbola tidak berhenti, tidak hidup di masa lalu. Kami sangat bangga dengan masa lalu, tapi kami melihat masa sekarang dan masa depan,” lanjutnya.

“Tidak ada cermin yang lebih baik untuk dilihat ketimbang Vicente del Bosque. Dia sudah melakukan pekerjaan yang luar biasa dan meninggalkan standar yang sangat tinggi. Kami menyadari hal itu,” kata pelatih berusia 49 tahun itu.

Spanyol kini juga dihadapkan pada kenyataan bahwa pemain-pemain dari generasi emas, yang telah membawa mereka berjaya di tiga turnamen besar secara beruntun, menua dan sebagian di antara mereka bahkan sudah pensiun dari timnas.

“Sepakbola Spanyol masih punya generasi pemain yang hebat. Kami akan meyakinkan orang-orang lagi untuk berjalan dengan kebanggaan tentang sepakbola Spanyol di dunia,” ujar Lopetegui seperti dikutip Soccerway.

“Kami tidak akan melakukan revolusi. Ini akan menjadi evolusi. Sepakbola hidup di masa sekarang,” katanya. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES