Masa Kelam Sepakbola Inggris, Belanja Besar Hasil Nihil KontakPerkasa Futures, Everton tersingkir dari ajang Liga Europa setelah menelan kekalahan 2-5 dari Dynamo Kyiv, Jumat (20/3) WIB. Everton terdepak karena kalah agregat 4-6.

Dengan tersingkirnya Everton, maka habis sudah wakil Inggris di kompetisi antarklub Eropa. Ya, Everton merupakan satu-satunya klub Inggris yang bertahan, sebelum akhirnya didepak Dynamo Kyiv.

Kegagalan Everton ini menandai rekor terburuk yang dicatat Inggris di ajang kompetisi antarklub Eropa. Ini merupakan kali pertama tak ada satupun klub asal Inggris yang tampil di perempat final dalam 22 tahun.

Sebelumnya, tiga wakil Inggris, Chelsea, Arsenal, dan Manchester City sudah terlebih dulu terdepak di babak 16 besar Liga Champions. Catatan kelam ini mengulang apa yang terjadi pada musim 1992/93.

Kondisi ini sangat memprihatinkan, terlebih jika melihat klub-klub Inggris pernah mendominasi. Contohnya, dari musim 2004/05 hingga 2008/09, 12 kali klub asal Inggris tampil di semifinal LIga Champions.

Kegagalan ini bisa dikatakan mengejutkan mengingat besarnya dana transfer yang dikeluarkan klub-klub Inggris musim ini yang mencapai 950 juta poundsterling. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.