PT KONTAK PERKASA FUTURES – Mantan kapten Jerman, Lothar Matthaeus, menyarankan Bastian Schweinsteiger dan Lukas Podolski untuk pensiun dari timnas. Menurut Matthaeus, pensiun dari timnas akan memberi efek positif kepada Schweinsteiger dan Podolski di klub masing-masing.

Schweinsteiger dan Podolski masih dipanggil pelatih Joachim Loew untuk Piala Eropa 2016. Akan tetapi, mereka berdua sekarang bukan lagi pilihan utama di posisi masing-masing.

Meski berstatus kapten tim, Schweinsteiger cuma sekali jadi starter dalam enam pertandingan yang dijalani Jerman di Piala Eropa 2016, yaitu saat Die Mannschaft kalah 0-2 dari Prancis di semifinal. Tampilnya Schweinsteiger sejak menit pertama juga dipengaruhi oleh cedera yang dialami oleh Sami Khedira dan Mario Gomez, yang memaksa Loew mengubah susunan pemain. Pada empat laga lainnya, gelandang berusia 31 tahun itu cuma jadi pemain pengganti.

Sementara itu, Podolski malah cuma sekali bermain di Piala Eropa, yaitu saat negaranya mengalahkan Slovakia 3-0 di babak 16 besar, itu pun cuma 18 menit sebagai pemain pengganti.

Matthaeus yakin Schweinsteiger dan Podolski sudah menyadari bahwa Loew tak lagi menjadikan mereka sebagai pemain andalan seperti dulu. Oleh karenanya, dia menyebut pensiun dari timnas bisa menjadi sebuah keputusan bijak.

“Podolski dan Schweinsteiger akan menyadari bahwa Loew tidak lagi bergantung pada mereka seperti di masa lalu,” tulis Matthaeus dalam kolomnya untuk Sport Bild.

“Podolski tahu pemain-pemain lain adalah masa depan di posisinya. Schweinsteiger diganggu berbagai cedera dan kehilangan kelincahan,” tambah Matthaeus, yang mengantarkan Jerman menjadi juara Piala Dunia 1990.

Schweinsteiger membela Jerman sejak 2004 dan sampai saat ini telah mengoleksi 120 caps dengan sumbangan 24 gol. Sementara Podolski sudah mengoleksi 129 caps dan mencetak 48 gol untuk Jerman.

“Mereka berdua harus bertanya kepada diri mereka sendiri apakah mereka akan membantu tubuh mereka dengan pensiun dari tim nasional,” tulis Matthaeus.

“Mungkin pensiun dari Jerman bisa membantu mereka membuat awal yang segar di Galatasaray dan Manchester United,” katanya. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES