PT KONTAK PERKASA FUTURES – Dolar bertahan di dekat level tertinggi hampir 14 tahun terhadap mata uang lainnya pada hari Rabu, dengan investor mengambil nafas setelah reli terpanjang greenback dalam lebih dari empat tahun.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, terakhir di 100,98. Indeks ini bertahan di atas level terendah rendah Selasa 100,71 dan masih di dekat level tertinggi 13,5 tahun 101,54 terjadi pada hari Jumat.

Sebelum jatuh pada hari Senin greenback telah meningkat selama 10 sesi berturut-turut, kemenangan beruntun terpanjang sejak Mei 2012.

Dolar telah naik di tengah harapan bahwa rencana pemerintahan Trump untuk meningkatkan belanja fiskal dan pemotongan pajak akan memacu pertumbuhan ekonomi dan inflasi.

Pertumbuhan yang lebih cepat akan memicu inflasi, yang pada gilirannya akan mendorong Federal Reserve untuk mengetatkan kebijakan moneter ke tingkat yang lebih cepat daripada perkiraan sebelumnya.

Reli dolar juga telah didorong oleh spekulasi bahwa kenaikan suku bunga AS pada bulan Desember sekarang mendekati kepastian.

Data pada hari Selasa menunjukkan bahwa penjualan rumah lama AS naik pada bulan Oktober ke level tertinggi dalam lebih dari sembilan tahun mendukung permintaan terhadap dolar.

Menurut Perangkat Monitor Suku Bunga Fed, peluang kenaikan suku bunga pada pertemuan Fed 13-14 Desember berada di 95,4%.

Harapan suku bunga yang lebih tinggi biasanya meningkatkan dolar dengan membuatnya lebih menarik menghasilkan keuntungan bagi investor.

Dolar melemah terhadap yen, dengan USD/JPY berkurang ke 110,96, masih tidak jauh dari level tertinggi hampir enam bulan di 111,35 terjadi pada hari Senin.

Euro bergerak lebih tinggi, dengan EUR/USD merayap hingga 1,0633, setelah pulih dari posisi terendah 11 bulan, Jumat, 1,0568.

Pound melemah, dengan GBP/USD di 1,2410 menjelang pernyataan anggaran pemerintah Inggris Raya musim gugur, yang mungkin memprediksi lonjakan pinjaman dengan Inggris bersiap keluar dari Uni Eropa. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES