Mengapa Anda Perlu untuk Menabung Sejak Dini KontakPerkasa Futures, Setiap orang pasti punya tahap-tahap dalam kehidupannya. Mulai bayi, anak-anak, remaja, dewasa hingga menjadi tua. Selama melalui tahap-tahap tersebut kita sering mendengar orang bilang agar cepat-cepat menabung.

Tabungan memang salah satu aspek keuangan yang benar-benar penting bagi setiap orang. Selain memberi rasa nyaman secara finansial, tabungan juga ‘pesangon’ kita kala sudah pensiun. Dan kapan kita mulai menabung?

Semakin awal Anda memulai menabung, semakin baik. Sesederhana itu. Uang Anda mungkin akan lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang menabung dalam jumlah besar di kemudian hari. Dan uang Anda akan semakin fantastis jumlahnya jika Anda menerapkan prinsip compound interest atau bunga berbunga.

Pada dasarnya, bunga majemuk terjadi saat Anda menyisihkan sejumlah uang –baik dalam bentuk tabungan, rekening/tabungan pensiun atau menanam modal di bursa saham– dan kemudian membiarkan atau tidak menarik uang tersebut.

Di saat rekening Anda memperoleh bunga atau dividen, Anda secara terus-menerus menginvestasikan kembali keuntungan/dividen tersebut, dan dengan cara demikian menghasilkan pendapatan tambahan dengan lebih cepat.

Efek dari bunga berbunga dikatakan oleh Albert Einstein sebagai kekuatan yang terkuat di alam semesta, disebabkan karena efek dari bunga-berbunga akan semakin signifikan dan semakin powerful seiring dengan berjalannya waktu.

Seperti dikutip dari lifehack, Selasa, 16 Juni 2015, berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan agar tabungan bekerja untuk Anda.

1. Mulai berinvestasi hari ini. Sekarang Anda tahu betapa ampuhnya waktu. Anda tidak boleh membuang-buang bahkan satu hari sekali pun. Setiap hari penting!

2. Selalu tempatkan uang Anda dalam saluran investasi yang menawarkan keuntungan compound interest. Tidak peduli seberapa bagus imbal hasilnya, compound interest akan selalu lebih besar daripada manfaat yang dihasilkan oleh simple interest.

3. Cobalah untuk investasi yang memiliki frekuensi compound interest lebih banyak. Misalnya, memilih investasi dengan compound interest yang dibayarkan per kuartal daripada yang dibayar setengah tahunan atau tahunan. Semakin tinggi frekuensi penggandaan, semakin banyak uang Anda akan tumbuh!

4. Simpan porsi maksimal penghasilan Anda. Jika Anda menabung lebih awal, mungkin Anda bisa menyisihkan hanya sebagian kecil dari penghasilan Anda. Namun, jika mulai menabung saat ini, Anda harus menyisihkan lebih banyak.

5. Buat target dan disiplin dalam menabung. Anda butuh menetapkan target Anda seiring dengan berjalannya usia. Jika Anda mulai menabung di kemudian hari, Anda perlu berlatih banyak disiplin yang berkaitan dengan tabungan dan tujuan keuangan Anda. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.