PT KONTAK PERKASA FUTURES – Musim ini tak berjalan lancar untuk Ferrari yang mulai kalah saing dari Red Bull. Mercedes menilai belum waktunya mencoret Ferrari dari posisi rival utama.

Ferrari belum sekalipun meraih kemenangan sepanjang musim 2016 ini. Sementara Red Bull sudah berhasil memenangi satu seri lewat kemenangan gemilang Max Verstappen di GP Spanyol.

Hasil-hasil sejauh ini menempati Ferrari di posisi ketiga, di belakang Mercedes dan Red Bull. Melihat Ferrari yang kepayahan di musim ini dan Red Bull yang sebaliknya tampil oke, ada prediksi bahwa ke depannya posisi ini bisa tetap bertahan.

Kepala Divisi Motorsport Mercedes Toto Wolff menilai masih terlalu dini untuk mencoret tim pabrikan Italia itu dari posisi rival utama. Dia menilai Ferrari punya semua yang dibutuhkan untuk langsung bangkit.

“Saya tidak merasa Anda bisa mencoret Ferrari, mereka memang jelas sudah mendapatkan masa sulit belakangan ini. Saya rasa mereka memencet tombol off terlalu dini untuk 2017. Jangan pernah meremehkan sebuah tim dengan begitu banyak sumber daya dan gairah,” kata Wolff dikutip Crash.

Sementara Ferrari belum menemukan performa yang kompetitif, Red Bull di sisi lain masih belum mencapai level Mercedes. Performa yang kurang optimal dari dua rival utama ini membuat Mercedes lebih mudah mempertahankan dominasinya.

Wolff tak menganggap hal tersebut sebagai salah satu elemen sukses Mercedes sejauh ini. Baginya dominasi sejauh ini adalah hasil kerja kolektif tim.

“Saya rasa kami sudah menempatkan sebuah tim berisi individu-individu bagus dengan dukungan tepat di Mercedes,” ujarnya.

“Kinerja paket dan ada banyak elemen dari paket yang kami nilai jadi aspek yang sangat fungsional di tim dan ada sejumlah hal yang selalu bisa Anda tingkatkan. Saya tak bisa benar-benar menilai untuk tim lain, tapi saya rasa kami mengukir hasil, itu menjadi tak relevan,” demikian Wolff.

Mercedes saat ini masih memimpin klasemen kejuaraan, baik di kategori pebalap maupun konstruktor. Duo pebalap mereka, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg, memimpin klasemen pebalap dengan nilai 217 dan 198 secara berurutan.

Di klasemen konstruktor, mereka memimpin dengan 415 poin. Unggul jauh dari Red Bull (256) dan Ferrari (242). (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES