GP Eropa dalam Angka KontakPerkasa Futures, F1 2016 akan memasuki seri nomor delapan akhir pekan ini. Untuk kali pertama Sirkuit Jalan Raya Baku akan dipakai untuk seri balapan GP Eropa.

Dalam sejarahnya, GP Eropa di F1 bukanlah seri yang asing karena sudah pernah dihelat pada sejumlah kesempatan dengan yang terakhir dilangsungkan di Valencia pada 2012 lalu. Namun, penggunaan Sirkuit Jalan Raya di Baku, Azerbaijan, baru kali ini dilakukan.

Sirkuit dengan alur anticlockwise (berlawanan arah jarum jam) tersebut diproyeksikan menjadi sirkuit jalan raya tercepat dunia kendatipun memiliki panjang lebih dari 6 ribu kilometer–sirkuit terpanjang kedua musim ini.

Berikut secuplik gambaran GP Eropa lewat angka-angka seperti dirangkum Formula1.com.

1983
Tahun gelaran pertama GP Eropa, di Brands Hatch, Inggris Raya.

22
Jumlah GP Eropa sebelumnya. Fernando Alonso memenangi yang terakhir, di Valencia pada 2012.

12
Sirkuit Nuerburgring sudah menggelar GP Eropa terbanyak yakni 12 kali (1984, 1995-6, 1999-2007), diikuti Valencia pada lima kesempatan (2008-2012). Masing-masing dua kali di Brands Hatch (1983, 1985) dan Jerez (1994, 1997), sedangkan Donington satu kali (1993).

11
GP Eropa terakhir dimenangi Alonso, saat membela Ferrari, ketika memulai balapan dari posisi start ke-11.

9
Ada sembilan pebalap yang masing-masing pernah satu kali memenangi GP Eropa. Mereka adalah Mika Hakkinen, Johnny Herbert, Nigel Mansell, Felipe Massa, Nelson Piquet, Alain Prost, Ralf Schumacher, Ayrton Senna, dan Jacques Villeneuve.

6
Michael Schumacher merupakan pemenang terbanyak GP Eropa dengan enam kemenangan. Setelah itu ada Fernando Alonso dengan tiga kemenangan, diikuti Rubens Barrichello dan Sebastian Vettel yang punya masing-masing dua kemenangan.

340 (km per jam)
Kecepatan maksimal yang diprediksi akan tercatat di Sirkuit Kota Baku, secara spesifik pada trek lurus di sirkuit tersebut.

7,6 (meter)
Sempitnya lebar lintasan pada serangkaian sektor belokan–yang tampaknya akan jadi ciri khas Baku.

28 (meter)
Kota Baku lebih rendah 28 meter di bawah permukaan laut. Baku bahkan tercatat sebagai sebuah ibukota negara yang tempatnya paling rendah di bawah permukaan laut dan juga yang terbesar.

6.003 (kilometer)
Jarak putaran di Sirkuit Kota Baku. Ini merupakan jarak terpanjang di kalender F1 saat ini setelah Sirkuit Spa di Belgia.

110
Dalam detik, waktu yang diperkirakan untuk sebuah mobil F1 mencatatkan satu putaran di Sirkuit Kota Baku. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.