PT KONTAK PERKASA FUTURES – Sebagai orang baru di Stadio San Paolo, Arkadiusz Milik belum terjamin akan menjadi pilihan pertama di skuat inti Napoli. Tapi ia amat berpeluang menjadi ujung tombak utama.

Peluang itu ia perbesar ketika diturunkan sebagai starter saat Napoli menjamu AC Milan hari Sabtu (27/8/2016) lalu. Di menit 18 Milik membuka keran golnya di Serie A, dan menggandakannya pada menit ke-33.

Pelatih Maurizio Sarri terus menahan dia di lapangan sampai pertandingan selesai, yang berakhir dengan skor 4-2 untuk tuan rumah, dalam laga yang diwarnai dua kartu merah untuk Milan di 15 menit terakhir.

Bagi Milik ini adalah awal yang sangat baik untuk penyerang Polandia berusia 22 tahun tersebut. Sebelumnya, pada debutnya di giornata pertama, ia baru dimainkan di babak kedua sebagai pengganti Manolo Gabbiadini dan tidak mencetak gol.

“Saya merasakan sensasi yang menyenangkan dari dia dalam sesi latihan, baik sebagai pemain maupun pribadi,” tukas Sarri tentang Milik, seperti dikutip dari situs resmi klub.

“Dia cepat nyetel dengan gaya kami dan terus berusaha melakukan improvisasi. Walaupun belum mengerti bahasa (Italia), tapi dia cepat nyambung dengan rekan-rekannya. Untuk pria 22 tahun, dia tampak dewasa tanpa banyak tekanan.”

Milik, yang mencetak satu gol untuk timnas Polandia di Euro 2016, dibeli Napoli seharga 35 juta euro dari Ajax. Ia dipilih sebagai opsi lini depan I Partenopei yang melego Gonzalo Higuain ke Juventus.

Dua musim bersama Ajax, Milik menunjukkan talentanya sebagai penyerang yang potensial. Jika di musim pertamanya ia cuma mengoleksi 11 gol, tapi di musim berikutnya alias musim lalu, ia mampu mengukir 21 gol dari 31 pertandingan liga. Dalam daftar top skorer liga ia hanya kalah produktif dari Vincent Janssen (AZ Alkmaar/27 gol) dan Luuk de Jong (PSV/26).

Meski demikian Milik masih harus bersaing untuk menjadi pilihan utama Napoli di posisi ujung tombak. Pesaing langsung dia adalah striker lokal, Manolo Gabbiadini, yang kabarnya sedang didekati Everton.

Pemain bernomor punggung 99 itu juga akan beradu subur dengan Jose Callejon, Dries Mertens, dan Lorenzo Insigne, yang walaupun tidak ditempatkan di posisi striker murni, namun mereka adalah gelandang serangan yang haus gol. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES