PT KONTAK PERKASAPetr Cech lebih sering kemasukan daripada mencatat clean sheet pada musim ini. Kiper Arsenal itu tak gembira melihat kenyataan tersebut.

Dalam 20 pertandingan Premier League yang sudah dia jalani pada musim ini, Cech cuma membukukan enam clean sheet. Dengan kata lain, kiper asal Republik Ceko itu selalu kemasukan paling tidak satu gol dalam 14 pertandingan lainnya.

Cech bahkan sempat melalui delapan pertandingan tanpa sekalipun mencatat clean sheet pada bulan November-Desember lalu. Ini adalah catatan terburuk dalam kariernya di Premier League.

Dibandingkan kiper-kiper lain di Premier League, catatan Cech itu memang bukan yang terburuk. Tapi, dia kalah jauh jika dibandingkan Thibaut Courtois, yang sudah 11 kali tak kebobolan bersama Chelsea.

“Hal yang paling penting tentunya tim menang, tapi kadang-kadang menyenangkan punya clean sheet dan pertahanan yang solid di lini belakang,” ujar Cech di situs resmi Arsenal.

“Saya pikir saya sudah bekerja dengan baik, tapi jika Anda memperhitungkan clean sheet, ada rentetan pertandingan di mana kami kemasukan paling tidak satu gol,” imbuhnya.

“Kami terkena beberapa penalti dalam pertandingan-pertandingan di mana penalti adalah satu-satunya gol lawan. Jadi, kadang-kadang Anda mengalami hal ini, yang mana Anda agak kurang beruntung. Tapi, Anda ingin melakukan sesuatu yang lebih dan melakukan satu penyelamatan lebih banyak,” kata penjaga gawang berusia 34 tahun itu.

Dikawal Cech, gawang Arsenal kebobolan 22 kali di Premier League sejauh ini. Jumlah tersebut cuma kalah dari Tottenham Hotspur (14), Chelsea (15), dan Manchester United (19).

“Secara umum, ini adalah musim di mana saya bermain di level yang seharusnya. Anda ingin membaik di setiap laga dan mempertahankan standar tetap tinggi di sepanjang waktu,” kata Cech. (hnm) – PT KONTAK PERKASA