5Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) turun untuk hari kedua dkarenakan OPEC dianggap melakukan penghematan untuk tiga negara dengan melakukan pemangkasan produksi yang potensial jelang rapat di Wina pekan ini.

Minyak berjangka turun sebanyak 0,4%di New York. Irak, Iran dan Libya tidak akan memangkas pasokan seiring OPEC setuju untuk mengurangi produksinya. Ini bukan pertama kalinya pasar kelebihan pasokan minyak, Menteri Perminyakan Arab Saudi Ali al-Naimi mengatakan di ibukota Austria.

Minyak telah runtuh ke bear market karena kilang minyak mentah Amerika Serikat pada naik dalam lebih dari tiga dekade terakhir ditengah tanda-tanda melimpahnya pasokan. Beberapa produsen OPEC menolak untuk mengurangi produksi sementara Venezuela dan Ekuador mencari cara guna meningkatkan harga menjelang rapat pada 27 November.

WTI untuk pengiriman Januari turun sebanyak 31 sen menjadi $ 75,47 per barel dalam perdagangan elektronik di New York Mercantile Exchange dan berada di level $ 75,68 pada 10:06 pagi waktu Sydney. Kontrak kehilangan 73 sen menjadi $ 75,78 kemarin. Volume perdagangan semua kontrak berjangka adalah sekitar 43% di bawah rata-rata 100-hari. Harga telah turun 23% tahun ini.

Brent untuk pengiriman Januari turun 68 sen, atau 0,9%, ke level $ 79,68 per barel di ICE Futures Europe exchange kemarin. Acuan minyak mentah Eropa mengakhiri sesi lebih tinggi sebesar $ 3,90 dibanding WTI.

 Artikel: kontakperkasa futures.