snoring man KontakPerkasa Futures, MENDENGKUR saat tidur bisa menjadi nilai negatif saat kita baru mengenal seseorang. Kita tahu banyak orang yang biasa mendengkur, tapi apa sebenarnya yang bisa menghentikan kebiasaan buruk mendengkur?

Mendengkur merupakan indikasi adanya hambatan dalam sistem pernapasan, yang umumnya dipicu karena akumulasi lemak berlebihan di sekitar perut. Dengan ini, paru-paru tidak mendapatkan ruang yang cukup untuk mengembang ketika kita menghirup oksigen.

Namun, ada banyak mitos seputar mendengkur. Untuk bisa tidur lebih baik, seseorang harus menyingkirkan mitos yang mengelilingi kondisi ini dan menerima fakta-fakta yang ada, seperti dilansir dari Timesofindia, Jumat (8/5/2015).

Semua orang mendengkur, karena itu normal

Mendengkur bukan kondisi yang normal. Sering mendengkur saat tidur telah dikaitkan dengan hipertensi dan juga indikasi sleep apnea (napas terhambat). Penderita sleep apnea dilaporkan mengalami pengurangan sel abu-abu di otak, yang kemungkinan besar karena kekurangan oksigen.

Jika tidak diobati, sleep apnea meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dari waktu ke waktu. Selain itu, kurang tidur mempengaruhi sekresi hormon pertumbuhan yang terkait dengan obesitas. Saat jumlah hormon yang disekresikan menurun, kemungkinan kenaikan berat badan meningkat.

Mendengkur hanya mempengaruhi kesehatan pendengkur

Mendengkur tidak hanya berpengaruh negatif terhadap kesehatan mereka yang mendengkur, tetapi juga kesehatan orang berbaring di samping mereka di tempat tidur. Suara dengkuran biasanya berukuran rata-rata 60 desibel (selevel dengan vacuum cleaner), tetapi dengan beberapa orang ini bisa mencapai 80 atau bahkan 90 desibel (rata-rata suara mesin pabrik).

Tidur dengan pasangan yang mendengkur pada malam hari telah terbukti meningkatkan tekanan darah, yang bisa berbahaya bagi kesehatan mereka dalam jangka panjang. Mendengkur juga menyebabkan teman tidur sering bangun dan kehilangan hingga satu jam waktu tidur setiap malam.

Mendengkur bisa dihentikan dengan menyumbat hidung saat tidur

Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa operasi hidung untuk masalah pernapasan hanya menyembuhkan sleep apnea hingga 10 persen. Getaran mendengkur biasanya datang dari langit-langit lunak, yang diperparah dengan memiliki rahang kecil. Ini adalah hubungan yang rumit antara hidung, langit-langit lunak, dan lidah.

Turunkan berat badan kurangi sleep apnea

Kadang-kadang ini bisa dicoba. Tapi secara umum, akan sangat sulit untuk menurunkan berat badan jika Anda memiliki sleep apnea. Hal ini karena kurang tidur memperburuk berat badan dengan meningkatkan nafsu makan Anda. Setelah Anda tidur lebih baik, tentu akan lebih mudah untuk menurunkan berat badan.

Mendengkur tidak dapat diobati

Beberapa pilihan pengobatan yang lebih drastis, mungkin memerlukan operasi atau resep obat. Tetapi sebelum sampai ke sana, akan lebih bijaksana untuk mencari dulu pengobatan alternatif. Anda juga harus mengunjungi spesialis tidur untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. (hnm)