MotoGP Ceko Aman untuk Tahun Ini KontakPerkasa Futures, MotoGP Republik Ceko akan tetap berada dalam kalender MotoGP tahun 2015. Akan tetapi, seri tersebut belum tentu digelar pada tahun depan dan tahun-tahun berikutnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, MotoGP Ceko yang rencananya akan digelar pada 16 Agustus 2015 mendatang sempat terancam batal. Adanya masalah pendanaan membuat balapan di Sirkuit Brno diragukan bisa digelar. Hal tersebut bahkan membuat penjualan tiket dihentikan.

MotoGP Ceko 2015 akhirnya dipastikan akan tetap dilaksanakan sesuai jadwal. Pihak sirkuit dan Dorna (pemegang hak MotoGP) telah sepakat untuk menggelar lomba pada tahun ini. Namun, belum ada kepastian apakah akan ada balapan di Brno pada tahun 2016.

“Automotodrom Brno telah menginformasikan kepada Dorna kesulitan untuk menerima sumber-sumber finansial dari sektor publik untuk Grand Prix tahun 2014 dan 2015 meskipun sumber-sumber finansial itu beberapa kali dijanjikan akan cair,” tulis Dorna dalam keterangannya yang dilansir di situs resmi MotoGP.

“Dalam kondisi ini, Automotodrom telah bertanya kepada Dorna mengenai kemungkinan pembatalan Grand Prix tahun 2015. Tapi, Dorna yakin pembatalan balapan MotoGP di Brno akan merugikan FIM, tim-tim, para sponsor, dan Automotodrom sendiri.

“Dorna dan Automotodrom telah sepakat untuk lanjut dengan kontrak yang ada, yang membuat Grand Prix Republik Ceko 2015 akan digelar dan Automotodrom akan memenuhi kewajiban-kewajiban finansialnya.

“Namun, kesepakatan itu tak termasuk kelanjutan Grand Prix di Republik Ceko pada tahun 2016 dan tahun-tahun berikutnya, kecuali kesepakatan dengan otoritas yang kompeten dan Automotodrom tercapai sebelum 16 Agustus 2015, yang memberi jaminan finansial Grand Prix untuk jangka panjang.”

MotoGP Ceko merupakan seri yang paling banyak mendatangkan penonton pada tahun 2014, yaitu sebanyak 240.695 orang di sepanjang rangkaian balapan. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.