MU Punya De Gea dan Valdes, Carragher Jarang Dua Kiper Top dalam Satu TimKontakPerkasa Futures, Manchester United kini punya David De Gea dan Victor Valdes dalam satu tim. Melihat hal itu, pundit Sky Sports, Jamie Carragher, memberikan pandangannya.

Dalam pandangannya, Carragher menyebut De Gea dan Valdes masuk dalam jajaran kiper top. Tentu tidak sembarangan memberikan label tersebut, mengingat harus ada dasarnya. Untuk De Gea, label tersebut disematkan lantaran dirinya tampil apik di bawah mistar gawang musim ini. Berbagai penyelamatannya membuat ‘Setan Merah’ menyelamatkan berbagai poin penting.

Di sisi lain, Valdes, yang menyebut De Gea adalah salah satu kiper terbaik di dunia saat ini, malah punya catatan yang lebih mentereng. Jika De Gea baru mengoleksi satu gelar juara liga, plus trofi juara Liga Europa dan Piala Super Eropa, koleksi Valdes lebih banyak. Kiper berusia 32 tahun tersebut adalah kiper kawakan. Bersama Barcelona, dia mengoleksi enam trofi juara Liga Spanyol, tiga trofi juara Liga Champions, trofi Piala Super Eropa, dan dua trofi Piala Dunia Antarklub. Dengan trofi bergengsi sebanyak itu, sulit untuk mengecilkan Valdes.

Maka, jadilah label kiper top tersebut disematkan kepada keduanya. Tentu, punya dua kiper top dalam satu tim bisa menimbulkan masalah. Salah satunya adalah soal persaingan. Carragher menyebut, yang perlu dilakukan di sini adalah menegaskan, siapa yang jadi kiper utama dan siapa yang jadi kiper pelapis.

“Ini adalah situasi yang menarik karena biasanya Anda tidak melihat dua kiper top dalam satu klub,” ujar Carragher.

“Untuk sisi psikologi pemain non-kiper, mereka harus tahu siapa yang menjadi pilihan utama, itu memberikan mereka kepercaayaan diri. Para pemain non-kiper membutuhkan persaingan dan demikian juga halnya untuk kiper.”

“Tapi, Anda harus benar-benar tegas mengenai siapa yang menjadi no. 1. Saya pikir, masalah psikologis kerap menjadi masalah untuk kiper. Dulu kami (Liverpool) pernah memiliki (Pepe) Reina dan (Jerzy) Dudek, dua kiper kelas top dan satu di antaranya baru saja menjuarai Liga Champions, tapi kami semua tahu bahwa Pepe adalah kiper utamanya.”

 

“Valdes punya karier yang cemerlang di Barcelona dan Louis van Gaal menginginkan kiper pelapis yang lebih baik dari Anders Lindegaard, dan dia mengejar Valdes. Tapi, tidak diragukan, De Gea adalah kiper utamanya,” kata Carragher.

Van Gaal, selaku manajer United, langsung menegaskan sejak awal bahwa Valdes didatangkan sebagai kiper kedua. De Gea masih menjadi pilihan utama.

Polemik soal dua kiper bagus dalam satu klub juga sempat menimpa Chelsea. Di klub tersebut, kini ada Thibaut Courtois dan Petr Cech. Mengingat performa bagus Courtois, Cech pun harus rela menepi ke bangku cadangan. Imbasnya, kiper asal Republik Ceko tersebut beberapa kali dikabarkan ingin hengkang.(hnm)

 

Artikel: kontakperkasa futures.