PT KONTAK PERKASA FUTURES – Aneh juga melihat dia merayakan gol dengan tim lain (Juventus),” ucap kapten Napoli, Marek Hamsik, setelah kompetisi Serie A musim 2016/2017 dimulai di akhir pekan kemarin.

Hamsik mencetuskan kalimat itu menanggapi pertanyaan wartawan setelah Napoli bermain imbang 2-2 di kandang Pescara, Minggu (21/8/2016) malam, ketika tak ada lagi Higuain di lini depan I Partenopei, karena pemain Argentina itu sudah pindah ke tempat lain, dan langsung mencetak gol dalam laga debutnya bersama Juventus — menang 2-1 atas Fiorentina.

“Perasaan aneh itu pasti ada. Tapi inilah sepakbola,” demikian Hamsik melanjutkan.

Higuain memang sangat dominan dalam pengumpulan gol Napoli dalam tiga musim terakhir. Dari 146 pertandingan di semua kompetisi yang ia lakoni, mantan pemain Real Madrid itu mendulang 91 gol.

Puncak ketajaman Higuain adalah di musim lalu saat mengemas 36 gol dari 35 laga di Serie A(!) Ia hanya kalah dari Luis Suarez, yang diganjar penghargaan Sepatu Emas Eropa setelah mencetak 40 gol bersama Barcelona.

Tapi Higuain kini telah tiada. Stadio San Paolo takkan lagi menyanyikan namanya. Pemain datang dan pergi. Mungkin tidak akan sama, tapi Napoli pasti akan memiliki pemain lain yang bisa mencetak gol.

Dries Mertens, misalnya. Dialah penyelamat Napoli yang tertinggal 0-2 dari Pescara di babak pertama. Baru masuk lapangan di menit 53 sebagai pengganti Lorenzo Insigne, winger asal Belgia itu berhasil mencetak dua gol dalam kurun waktu singkat: menit 60 dan 63.

“Kami punya pemain-pemain sayap yang bisa mencetak dua digit gol di musim ini. Dries membuktikan itu hari ini, dan di pertandingan-pertandingan lain Lorenzo Insigne yang akan melakukannya,” ucap Hamsik.

Sampai hari ini Napoli baru melepas dua pemainnya, yakni Higuain dan kiper Mariano Andujar. Namun tim besutan Maurizio Sarri ini sudah merekrut empat pemain baru: Lorenzo Tonelli (bek), Emanuele Giaccherini (gelandang), Piotr Zielinski (gelandang), dan Arkaduisz Milik (penyerang).

Nama terakhir diharapkan menjadi pengisi tempat Higuain di barisan depan, bersama Jose Callejon. Milik mengoleksi 32 gol dalam dua musim terakhirnya di Ajax, dan juga tampil cukup baik di Piala Eropa 2016 bersama timnas Polandia.

“Liga tidak akan ditentukan sekarang,” tukas Hamsik tentang kans timnya, yang di musim lalu finis sebagai runner-up di bawah Juventus.

“Memulai dengan baik memang sebuah langkah penting. Kami tidak berhasil menang hari ini, tapi bisa membawa poin dari kandang lawan pun berharga.”

Pekan depan Napoli akan bertanding melawan AC Milan di kandang sendiri.  (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES