during the Barclays Premier League match between Newcastle United and Norwich City at St James' Park on October 18, 2015 in Newcastle upon Tyne, England.

during the Barclays Premier League match between Newcastle United and Norwich City at St James’ Park on October 18, 2015 in Newcastle upon Tyne, England.

 KontakPerkasa Futures, Giorginio Wijnaldum boleh jadi berada dalam jalur untuk jadi ikon Newcastle United. Aksi teranyarnya membuat Wijnaldum disebut beriringan dengan Alan Shearer, legenda hidup klub itu.

Bersama PSV musim lalu, Wijnaldum menjadi jawara Eredivisie. Bukan cuma itu, pemain Belanda berusia 24 tahun yang mengontribusikan 14 gol sepanjang Eredivisie 2014-15 tersebut juga dinobatkan jadi Pemain Terbaik Eredivisie.

Tiba musim panas, Wijnaldum diboyong Newcastle untuk merumput di Premier League. Namun, musim pertamanya di Inggris tidaklah mudah utamanya karena performa jeblok Toon Army.

Setelah hasil demi hasil tak memuaskan nirkemenangan, Newcastle mulai memasuki zona maut di pekan 4 dan belum bisa menghirup udara bebas zona degradasi. Kian menyakitkan karena di pekan menjelang jeda internasional lalu mereka tunduk 1-6 di markas Manchester City.

Akan tetapi, dalam pertandinganya di pekan 9 Premier League setidaknya ada sedikit angin segar untuk Newcastle. Di markas sendiri, The Magpies meraih kemenangan pertamanya di Premier League dan Wijnaldum jadi bintang yang paling bersinar.

Total ada delapan gol yang tercipta dalam kemenangan 6-2 untuk Newcastle atas Norwich City di St James’ Park, Minggu (18/10/2015). Wijnaldum mencetak empat gol di antaranya.

“Kami membutuhkannya. Kami sudah menjalani sejumlah laga dengan main bagus tapi tidak dapat poin atau cuma satu poin saja,” kata Wijnaldum kepada Sky Sports.

Dalam catatan Infostrada Live, Wijnaldum menjadi pemain Belanda ke-7 yang bisa membuat setidaknya tiga gol, hat-trick, dalam sebuah laga Premier League. Sebelumnya ada Robin van Persie, Ruud van Nistelrooy, Dirk Kuyt, Dennis Bergkamp, Jimmy Floyd Hasselbaink, dan Marc Overmars.

Kerennya lagi, merujuk ke catatan Opta, sebelum ini Newcastle baru punya satu pemain yang bisa mencetak 4+ gol dalam satu laga Premier League. Sebelum ini ada nama Shearer (1996–2006 di Newcastle) lewat aksi lima golnya melawan Sheffield Wednesday pada September 1999.

“Aku sudah pernah melakukannya sebelum ini untuk Feyenoord lawan FC Groningen,” ucap Wijnaldum seraya tersenyum, mengenai empat golnya untuk Newcastle ke gawang Norwich.

Wijnaldum kini total sudah membuat 6 gol untuk Newcastle di Premier League, setelah mencetak gol dalam debutnya lawan Southampton (2-2) di bulan Agustus dan satu gol lain ke gawang Chelsea (2-2) bulan lalu. Di Premier League sejauh ini Newcastle sendiri baru membuat 12 gol, yang artinya Wijnaldum sudah membuat separuh dari gol-gol tersebut.

Kemenangan atas Norwich pada dasarnya memang belum membuat Newcastle keluar dari zona degradasi. Tetapi setidaknya niscaya ada atmosfer lebih oke dari kemenangan perdana, yang juga memperbaiki posisi tim naik ke peringkat 18 dari sebelumnya 20, dan bertambahnya keyakinan Newcastle atas kemampuan Wijnaldum untuk jadi bintang masa depan klub itu. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.