PT KONTAK PERKASA FUTURES  – Suporter Liverpool dan Borussia Dortmund mendapatkan penghargaan FIFA Fan Award edisi pertama. Penghargaan tersebut merupakan buah dari aksi nyanyi bareng di Anfield.

Para suporter Liverpool dan Dortmund bersama-sama menyanyikan “You’ll Never Walk Alone” sebelum kick-off laga leg kedua perempatfinal Liga Europa musim lalu di Anfield, April 2016. Aksi tersebut merupakan bentuk solidaritas dan penghormatan kepada korban tragedi Hillsborough.

Meski tim kesayangan mereka berduel di atas lapangan, suporter Liverpool dan Dortmund terlihat sangat kompak dalam bernyanyi dan sama sekali tak memperlihatkan rivalitas.

Dalam acara The Best FIFA Football Awards di Zurich, Swiss, Senin (9/1/2017), FIFA Fan Award merupakan penghargaan yang baru pertama kali diberikan. Penghargaan ini diberikan untuk aksi suporter yang paling memukau di sepanjang 2016.

Tim panel yang berisi Zvonimir Boban, Marta, Gabriel Batistuta, dan Vladimir Petkovic memilih tiga momen terbaik yang melibatkan para suporter. Setelahnya, para suporter dari seluruh dunia akan memilih melalui voting di situs resmi FIFA.

Setelah dilakukan voting, aksi nyanyi bareng yang dilakukan suporter Liverpool dan Dortmund mendapatkan suara 45,92%. Aksi tersebut mengungguli aksi suporter Islandia seusai laga melawan Prancis di perempatfinal Piala Eropa 2016 (31,37%) dan aksi melemparkan mainan yang dilakukan suporter ADO Den Haag ke arah suporter Feyenoord (22,71%).

Perwakilan Liverpool, Suzanne Black, dan perwakilan Dortmund, Torsten Schild, datang ke Zurich untuk menerima penghargaan.

“Atmosfernya merupakan yang terbaik yang pernah saya alami. Ini harusnya jadi contoh untuk semua orang tentang bagaimana suporter bisa memengaruhi sebuah tim dan sebuah pertandingan,” kata manajer Liverpool, Juergen Klopp, mengomentari penghargaan ini.

“Mewakili tim dan staf Liverpool, saya ingin berterima kasih kepada yang sudah memberikan suaranya untuk penghargaan spesial ini. Keluarga LFC dan BVB harusnya sangat bangga malam ini,” kata Klopp, yang melatih Dortmund sebelum hijrah ke Liverpool. (hnm) –  PT KONTAK PERKASA FUTURES