PT KONTAK PERKASA FUTURES – Douglas Costa yakin timnas Brasil akan menjadi salah satu favorit juara di Piala Dunia 2018. Menurut winger Bayern Munich itu, negaranya punya semua yang dibutuhkan untuk jadi kampiun.

Brasil adalah tim tersukses di Piala Dunia. Selecao telah lima kali merebut trofi Piala Dunia, lebih sukses daripada Italia dan Jerman yang masing-masing baru empat kali jadi juara.

Akan tetapi, gelar terakhir Brasil di Piala Dunia datang pada tahun 2002. Artinya, mereka sudah melewati tiga edisi Piala Dunia terakhir tanpa meraih trofi.

Pada perhelatan terakhir, Piala Dunia 2014, Brasil yang jadi tuan rumah mengakhiri kiprahnya dengan tragis. Mereka dipermalukan Jerman dengan skor 1-7 di babak semifinal.

Namun, Brasil kemudian bangkit di arena Olimpiade 2016. Dipimpin Neymar, mereka meraih medali emas setelah mengalahkan Jerman di final.

Medali emas tersebut membuat Brasil makin percaya diri menatap Piala Dunia 2018. Dengan pemain-pemain muda yang akan makin matang, plus pemain-pemain senior yang masih bisa diandalkan, mereka optimistis akan bisa sukses di Rusia. Keberadaan Tite, yang sebelumnya sukses di Corinthians, di kursi pelatih juga makin menambah keyakinan Brasil.

“Saya adalah juara dunia bersama Brasil (di tahun 2018),” ujar Costa kepada Abendzeitung.

“Kami punya semua yang dibutuhkan di dalam tim. Ada kualitas besar dengan pemain-pemain seperti Neymar dan (Philippe) Coutinho. Pelatih baru juga bagus,” tambahnya.

“Jika kami bisa merasa sebagai sebuah tim, kami akan termasuk favorit,” kata Costa, yang mengoleksi 17 caps di timnas.

Brasil kini menempati posisi kedua di klasemen sementara kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL. Mereka mengumpulkan 15 poin dari delapan laga, terpaut satu poin dari Uruguay yang berada di posisi teratas. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES