PT KONTAK PERKASA  FUTURES – Usai memulai dengan dua kekalahan, Turki membuka peluang untuk ke babak 16 besar lewat kemenangan atas Republik Ceko. Hasil itu membuat Turki yakin bisa lolos.

Turki memulai kiprahnya di Piala Eropa 2016 dengan buruk. Arda Turan dkk. berturut-turut dikalahkan Kroasia dan Spanyol di dua laga pertama penyisihan grup.

Namun Turki bangkit di pertandingan terakhir Grup D. Menghadapi Republik Ceko, Rabu (22/6/2016) dinihari WIB, Turki memetik kemenangan 2-0.

“Saya bisa bilang kalau saya membuat kesalahan di dua laga pertama. Tapi malam ini lebih baik. Seperti yang selalu saya pikirkan, ini adalah momen yang tepat untuk menunjukkan reaksi. Kami memberikan reaksi besar. Kami bahkan punya kans untuk mencetak gol lebih banyak dan mengamankan tiket lolos,” ujar pelatih Turki, Fatih Terim, seperti dikutip dari situs UEFA.

“Kami banyak dikritik dan secara mental ini berat bagi kami. Sekarang kami mendapat dorongan kepercayaan diri dengan kemenangan ini, setelah anak-anak melakukan kerja luar biasa.”

Dengan kemenangan ini, Turki berada di peringkat ketiga Grup D dengan raihan tiga poin dan membuka peluang lolos ke babak 16 besar melalui jalur peringkat tiga terbaik. Namun mereka masih harus menunggu hasil pertandingan Portugal serta Swedia sebelum memastikan diri lolos.

“Kemarin kami terpuruk tapi sekarang kami sangat optimistis. Ada tim-tim besar seperti Italia, Spanyol, Jerman tapi mungkin kami akan menghadapi Wales kalau lolos.” ucap Terim.

“Satu-satunya fokus kami adalah lolos dan saya percaya kami bisa melakukannya. Jika kami lolos mungkin kami akan melawan Wales, tapi kita lihat saja apa yang terjadi karena ini belum pasti.”

“Kami punya tim yang bagus dan sekarang kami mendapatkan kembali semangat tim. Sekarang saya akan sangat frustrasi kalau kami tidak lolos,” katanya. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES