Output Industri Jepang Secara Tak Terduga Turun 0,5  di Bulan Agustus KontakPerkasa Futures, Output industri Jepang secara tak terduga turun 0,5 % pada bulan Agustus, penurunan untuk bulan kedua secara berturut-turut, menurut data dari pemerintah hari ini, memicu kekhawatiran tentang aktivitas pabrik.

Penurunan pada bulan kedua tidak sesuai dengan perkiraan rata-rata para ekonom yang memprediksi kenaikan 1,0 % dalam jajak pendapat Reuters.

Produsen yang disurvei oleh Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri mengharapkan output naik 0,1 % pada bulan September dan meningkat 4,4 % pada bulan Oktober, data menunjukkan.

Sementara itu, data yang dirilis oleh kementerian sekaligus menunjukkan penjualan ritel mengalami kenaikan 0,8 % pada bulan Agustus dari tahun sebelumnya, dibandingkan dengan perkiraan rata-rata para ekonom untuk kenaikan 1,1 % tingkat tahunan.

Pembicaraan di New York semalam, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan, upaya lebih yang diperlukan untuk menarik ekonomi terbesar ketiga di dunia keluar dari deflasi.

Abe pekan lalu berjanji untuk meningkatkan produk domestik bruto (PDB) dalam kuartalan hampir 600 trliun Jepang yen ($ 5 trliun), berjanji untuk kembali fokus pada perekonomian setelah melewati keamanan rekening kontroversial yang dapat mengikis popularitasnya. (hnm)

 

Artikel: kontakperkasa futures.