Output Jasa Jerman Melemah Setelah Sektor Pabrikan Mempertahankan PenguatannyaAktivitas Jasa di Jerman melambat lebih dari yang diperkirakan analis setelah sektor manufaktur melanjutkan penguatan, menyoroti laju yang tidak merata dalam pertumbuhan ekonomi terbesar di kawasan euro.

Indeks Pembelian Manajer atau Purchasing Managers Index (PMI) untuk sektor jasa merosot ke 54,8 pada Juni dari 56,0 pada Mei, sementara itu indeks pabrikan negara tersebut naik menjadi 52,4 dari 52,3, menurut Markit Economics hari ini. Ekonom yang disurvei oleh Bloomberg News telah memperkirakan pembacaan di angka 55,8 dan 52,5, untuk masing-masing indeks. Indeks aktivitas Perancis di kedua sektor industri menunjukkan kontraksi untuk bulan kedua.

Sementara pertumbuhan Jerman melambat pada kuartal ini setelah output pada awal tahun ini didukung oleh musim dingin yang sejuk, Bundesbank mengatakan prospek ekonomi negara tersebut tetap kuat. Pada saat yang sama, Perancis menyoroti perjuangan di kawasan euro untuk mempertahankan pemulihan. Bank Sentral Eropa (ECB) meluncurkan paket stimulus belum pernah terjadi sebelumnya pada bulan ini untuk menghidupkan kembali pertumbuhan dan meningkatkan inflasi.

Indeks komposit untuk pertumbuhan manufaktur dan jasa Jerman turun menjadi 54,2 pada Juni dari 55,6. Sementara itu bulan ke-14 di atas 50, tanda yang memisahkan ekspansi dari kontraksi, jatuh dibawah angka 55,5 mennurut prediksi ekonom.

Markit akan merilis data untuk daerah euro pada pukul 10 pagi waktu Brussels. Ekonom memprediksi indeks pabrik blok mata uang akan tetap tidak berubah di angka 52,2, dengan indeks jasa naik sedikit menjadi 53,3 dari 53,2.

Artikel: kontakperkasa futures.