PT KONTAK PERKASA  – Dolar sedikit turun terhadap yen dan euro hari ini, karena beberapa investor tersangkut dalam keuntungan dari kenaikan yang terjadi baru-baru ini di greenback.

Pasangan dolar/yen, atau USDJPY, -0,27%, bergerak di ¥117,55, dibandingkan dengan ¥117,88 akhir Selasa di New York.

Pasangan dolar/euro, EURUSD, +0,3658%, meningkat menjadi $1,0428 dari $1,0388 kemarin setelah menyentuh level terendah multi tahun baru di $1,0352, level terendah sejak bulan Januari 2003.

Di ICE Indeks Dolar AS DXY, -0,23% ukuran dari mata uang tersebut terhadap sejumlah mata uang utama lain, turun 0,3% ke 103,01, sementara itu Indeks Dolar WSJ BUXX, -0.17% turun 0,3% di 93,09.

Analis mengatakan investor mengambil keuntungan dari spekulasiyen yang dibuat sebelumnya.

Bank of Japan membuat berita kemarin dengan menjaga kebijakan moneter tidak berubah – kontras dengan Bank Federal Reserve AS yang meningkatkan suku bunga di pekan lalu.

Euro telah berjuang untuk menuju ke 1,04. Ide bahwa dolar/euro bisa menguji paritas-setidaknya untuk saat ini telah ditiadakan, ditulis Tony Cross, analis pasar TopTradr, dalam sebuah catatan kepada investor, yang diperoleh Investing.com. “Risiko politik tetap menjadi risiko penting.”

Presiden terpilih Trump telah membuat sedikit berita hari untuk menggerakkan pasar.

Pada sekitar pukul 3:30 waktu setempat hari ini, tim transisi, di rumah liburan Trump di Florida, menunjukkan presiden baru tersebut bertemu dengan CEO Boeing (NYSE:BA) Corp dan Lockheed Martin Corp (NYSE:LMT).

Kedua kontraktor pertahanan internasional itu dikatakan di belakang jadwal dan melebihi anggaran bagi proyek-proyek pesawat mereka untuk AS, dan Trump mengatakan dia “pribadi” akan bernegosiasi dengan para pemimpin mereka untuk mendapatkan kontrak kembali ke jalurnya. (hnm) –  PT KONTAK PERKASA