PT KONTAK PERKASA FUTURES – Pasar saham Eropa dibuka menghijau, Selasa, dibantu oleh meningkatnya harga minyak di tengah membesarnya harapan kesepakatan pembekuan produksi global dan optimisme setelah pemilihan Donald Trump yang terus meningkatkan sentimen pasar.

Selama perdagangan awal Eropa, EURO STOXX 50 maju 0,79%, CAC 40 Perancis meningkat 0,76%, sementara itu DAX 30 Jerman naik 0,65%.

Ekuitas global tetap terdukung oleh rencana harapan Presiden terpilih Donald Trump untuk meningkatkan belanja fiskal dan memotong pajak yang akan memacu pertumbuhan ekonomi dan inflasi.

Pasar Eropa juga terdorong setelah Presiden Bank Sentral Eropa Draghi mengatakan pada hari Jumat bahwa bank sentral tersebut akan terus bertindak dengan jaminan menggunakan semua instrumen yang tersedia.

Sementara itu, harga minyak terus meningkat dalam sesi kedua berturut-turut di tengah spekulasi OPEC yang akan dapat menandatangani kesepakatan pembekuan produksi secepatnya di minggu depan.

Saham yang berhubungan dengan energi secara luas menguat, seperti minyak dan gas asal Perancis, Total SA (PA:TOTF) melonjak 1,00% dan Italia ENI (MI:ENI) reli 1,19%, sementara Norwegia Statoil (OL:STL) naik 0,90%.

Di London, FTSE 100 terdorong naik 0,82%, terdongkrak oleh kenaikan tajam di sektor pertambangan.

Saham Antofagasta (LON:ANTO) melonjak 3,30% dan Glencore (LON:GLEN) reli 3,56%, sedangkan BHP Billiton (LON:BLT) dan Anglo Amerika (LON:AAL) masing-masing melonjak 3,81% dan 4,86%.

Di AS, pasar ekuitas mengarah tinggi saat akan dibuka. Dow Jones Industrial Average berjangka meningkat 0,40%, S&P 500 berjangka untung 0,40%, sedangkan Nasdaq 100 berjangka naik 0,52%. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES