PT KONTAK PERKASA FUTURES – Harga emas berjuang di level terendah lima minggu selama perdagangan Eropa pada hari Selasa, dengan investor memandang ke depan data AS yang akan datang untuk mengukur apakah ekonomi terbesar di dunia itu cukup kuat untuk menahan kenaikan biaya pinjaman dalam beberapa bulan mendatang.

Dewan konferensi dijadwalkan akan merilis laporan kepercayaan konsumen AS untuk bulan Agustus pukul 21.00 WIB. Ada juga data harga rumah S&P/Case-Shiller pukul 20.00 WIB.

Para pelaku pasar juga melihat ke depan pada laporan upah pekerjaan non-pertanian di hari Jumat untuk petunjuk lebih lanjut tentang waktu kenaikan suku bunga AS berikutnya.

Menggarisbawahi pentingnya laporan pekerjaan yang akan datang, Wakil Ketua Fed Stanley Fischer mengatakan data itu akan mempengaruhi keputusan bank sentral apakah akan menaikkan suku bunga dalam beberapa minggu mendatang.

Emas untuk pengiriman Desember di divisi Comex Bursa Perdagangan New York merosot $3,15, atau 0,24%, diperdagangkan pada $1,323.95 pukul 14.04 WIB.

Sehari sebelumnya, harga emas turun ke level $1,317.20, tingkat yang tidak terlihat sejak 26 Juli, di tengah indikasi Federal Reserve bersiap-siap untuk menaikkan suku bunga pada awal bulan depan.

Menurut Rate Monitor Alat Fed Investing.com ini, investor harga dalam kesempatan 24% dari kenaikan suku bunga pada bulan September. peluang Desember berada di sekitar 54%.

Menurut Perangkat Monitor Suku Bunga Fed, investor saat ini menghargai kesempatan 24% dari kenaikan suku bunga pada bulan September. Peluang Desember berada di sekitar 54%.

Logam mulia sensitif terhadap pergerakan suku bunga AS, yang mengangkat biaya kesempatan memegang aset non-unggulan seperti emas batangan, sementara meningkatkan harga dolar dalam nilainya.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, berada di 95.72 Selasa, tidak jauh dari dua minggu tertinggi di sesi sebelumnya 95,81.

Penguatan dolar AS biasanya membebankan emas, karena mengurangi daya tarik logam kuning sebagai aset alternatif dan membuat komoditi yang dihargakan dalam dolar lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Juga di Comex, perak berjangka untuk pengiriman September merosot 8,8 sen, atau 0,47%, diperdagangkan pada $18,68 per troy ounce pada awal perdagangan London. Emas berjangka turun ke level terendah dua bulan $18,37. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES