PT KONTAK PERKASA FUTURES – Pound terdorong naik ke level tertinggi hari Senin setelah pembuat kebijakan Bank of England Martin Weale mengatakan bahwa ia tidak yakin apakah ia akan mendukung penurunan suku bunga pada pertemuan bank sentral di bulan Agustus.

GBP/USD naik 0,64% ke 1,3265, merangkak naik dari level terendah 1,3130 yang disentuh pada hari Jumat.

Weale mengatakan ia akan perlu melihat bukti lebih kuat dari dampak Inggris meninggalkan Uni Eropa sebelum mendukung tingkat suku bunga dipangkas pada pertemuan bulan depan.

“Ketidakpastian mengarah pada argumen bahwa kita harus menunggu bukti lebih pasti sebelum melakukan perubahan kebijakan,” katanya.

“Berbeda dengan pengalaman 2008, saya tidak merasakan kepanikan melanda konsumen ataupun bisnis, seperti yang saya amati, tidak ada tanda-tanda materi panik di sektor keuangan.”

Komentar tersebut datang dalam pidatonya di London, kontras dengan kebanyakan pandangan pembuat kebijakan BoE lainnya.

Risalah Kamis lalu dari pertemuan BoE Juli memberikan indikasi yang jelas bank akan melonggarkan kebijakan moneter bulan depan untuk melawan gejolak ekonomi negatif dari Brexit.

BoE mempertahankan suku bunga tetap di 0,5% dalam keputusan yang mengejutkan.

Pada hari Jumat, Kepala Ekonom BoE Andrew Haldane mengatakan bank harus bertindak “segera dengan penguatan” untuk menopang perekonomian dan meningkatkan kepercayaan diri.

Tapi pelonggaran moneter belum tentu termasuk penurunan suku bunga. BoE bisa memilih untuk meningkatkan pelonggaran kuantitatif atau memulai langkah-langkah baru untuk mendorong pinjaman.

Pound juga menguat terhadap euro dan yen, dengan EUR/GBP tergerus 0,39% di 0,8333 dan GBP/JPY melonjak 1,23% ke 140,18.

Yen safe haven melemah secara luas pada hari Senin setelah pemerintah Turki kembali menguasai negara dari upaya kudeta yang gagal, Jumat.

Aset safe haven awalnya telah dibeli oleh investor dalam laporan kudeta, tetapi sebagian besar perdagangan tersebut dibatalkan pada hari Senin.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama, menurun 0,14% menjadi 96,56. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES