Pemangkasan Outlook oleh IMF Tekan Bursa Hong KongSaham-saham Hong Kong turun untuk pertama kalinya dalam empat hari setelah Dana Moneter Internasional (IMF) memangkas proyeksi pertumbuhan global. Saham HKT Trust & HKT Ltd melemah setelah investor menjual saham perusahaan tersebut dengan harga diskon.

Indeks Hang Seng turun 0,8% ke level 23,242.69 pada pukul 9:31 pagi di Hong Kong. Indeks tersebut turun 2,6% pada pekan lalu setelah polisi menggunakan gas air mata dan semprotan merica untuk membubarkan demonstrasi. Indeks Hang Seng China Enterprises, juga dikenal sebagai indeks H-share, turun 0,8% ke level 10,387.90 hari ini. Pasar China daratan dibuka kembali pada hari ini setelah libur selama satu minggu akibat investor menunggu indeks swasta industri jasa China.

Perekonomian dunia akan tumbuh 3,8% tahun depan, dibandingkan dengan perkiraan bulan Juli untuk 4%, setelah terekspansi 3,3% pada tahun ini, kata IMF yang berbasis di Washington kemarin. Pertumbuhan ekonomi AS membantu memimpin akselerasi di seluruh dunia yang lebih lemah dari yang diperkirakan oleh IMF 2 1/2 bulan yang lalu setelah outlook untuk kawasan euro, Brasil, China dan Jepang memburuk.

Pembicaraan antara pemimpin protes Hong Kong dan pemerintah kota akan dimulai pada pukul 16:00 sore pada 10 Oktober mendatang, dengan sesi pertama berfokus pada landasan konstitusional untuk perubahan sistem politik dan yang kedua pada persyaratan hukum, menurut pemerintah dan para siswa. Demonstrasi dipicu oleh keputusan China bahwa calon untuk pemilihan kepala eksekutif Hong Kong akan diperiksa oleh komite. Kelompok-kelompok pro-demokrasi mengatakan bahwa akan menjamin ketaatan kandidat oleh China.

Indeks Hang Seng turun 7,5% dari tertinggi tahun ini pada 3 September hingga kemarin di tengah ketegangan politik kota dan kekhawatiran bahwa bank sentral AS akan menaikkan suku bunga lebih awal dari yang diharapkan. Indeks tersebut diperdagangkan pada 10,8 kali estimasi laba pada penutupan terakhir, dibandingkan dengan 16.1 untuk Indeks Standard & Poor 500.(hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.