PT KONTAK PERKASA FUTURES – Bursa saham Eropa bergerak melemah pada perdagangan Eropa di hari Rabu setelah pembicaraan yang meruncing tentang rencana pelonggaran kuantitatif Bank Sentral Eropa (ECB) yang menakutkan pasar dan pertumbuhan sektor swasta di zona euro mencapai level terendah 20 bulan dan penjualan ritel di wilayah tersebut menggambarkan bacaan beragam.

Dalam perdagangan Eropa, Euro Stoxx 50 anjlok 0,82%, CAC 40 Perancis diperdagangkan tertekan 0,82%, sementara DAX 30 Jerman kehilangan 0,77%.

Sebuah laporan dari Bloomberg mengutip pejabat ECB yang tidak disebutkan namanya mengatakan bahwa bank sentral kawasan euro mungkin akan meluncurkan €80 miliar ($90 miliar) pembelian obligasi bulanan secara bertahap sebelum mengakhiri program pelonggaran kuantitatif, yang saat ini dijadwalkan berakhir Maret 2017.

Pasar bereaksi ke bawah dengan keprihatinan atas proses tersebut yang meruncing, meskipun petugas media ECB Michael mengatakan otoritas moneter bahkan tidak membahas kemungkinan tersebut.

Di sisi ekonomi, indeks jasa manajer pembelian zona euro (PMI) untuk bulan September tergelincir ke level terendah 20 bulan sementara PMI komposit, termasuk jasa dan manufaktur, untuk kuartal ketiga mencapai level terlemah sejak akhir kuartal 2014.

Penjualan ritel wilayah tersebut memberi bacaan beragam pada bulan Agustus, jatuh kurang dari yang diperkirakan 0,1% dari bulan sebelumnya, dibandingkan dengan ekspektasi penurunan 0,3%.

Namun, tahun-ke-tahun, 0,6% keuntungan datang jauh di bawah perkiraan kenaikan 1,5%.

Sementara itu, harga minyak reli ke titik tertinggi sejak bulan Juni dalam spekulasi optimis data persediaan AS yang akan dirilis pada hari Rabu.

Meski begitu, saham energi sebagian besar lebih tinggi, sehingga saham minyak dan gas asal Perancis, Total SA (PA:TOTF) berkurang 1,00%. Italia ENI (MI:ENI) maju 1,31%, sementara Norwegia saingan Statoil (OL:STL) melaju 0,96%.

Bursa London, FTSE 100 turun 0,40%, setelah perusahaan sektor pertambangan itu menunjukkan perdagangan yang bervariasi.

Di AS, pasar ekuitas bergerak flat saat akan dibuka.

Dow Jones Industrial Average berjangka menurun 0,07%, S&P 500 berjangka lemah 0,01%, sedangkan Nasdaq 100 berjangka berkurang 0,01%. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES