Pengaruh Data Pekerjaan AS, Emas Perpanjang PenurunanEmas mengalami penurunan untuk hari keduanya akibat rilis data pekerjaan AS yang mengalami kenaikan, sehingga memberikan dukungan kepada Federal Reserve guna mengurangi stimulusnya. Sementara itu perak, platinum dan palladium juga mengalami penurunan.

Emas Bullion untuk pengiriman segera turun sebesar 0.3% ke level $1,336.49 per ounce dan berada pada level $1,337.61 pukul 7:52 pagi di Singapura. Pada pekan lalu harga logam mulia mencatat gain mingguan kelimanya, naik ke level empat bulan tertingginya sebesar $1,354.87 yang terjadi pada tanggal 3 Maret lalu, akibat ketegangan diantara Ukraina dan Rusia, sehingga mempengaruhi permintaan akan asset safe haven.

Pada tahun ini emas Bullion naik sebesar 11% meskipun Federal Reserve, yang akan mengadakan pertemuan pada tanggal 18-19 Maret mendatang mengumumkan akan melakukan pengurangan pembelian obligasi sebesar $10 miliar pada setiap pertemuannya yang sejauh ini telah berlangsung dua kali, sehingga pembelian obligasi sebesar $65 miliar. Pada bulan lalu jumlah tenaga kerja AS mengalami kenaikan sebesar 175,000 dibandingkan dengan perkiraan sebesar 149,000 dari survei Bloomberg.

Pada pekan lalu, kepemilikan produk berbasis bullion yang diperdagangkan di bursa mencatat kenaikan mingguan pertamanya sejak Agustus tahun lalu, akibat pasukan Rusia menduduki negara Ukraina di Crimea. Coutts & Co. menyatakan bahwa hal ini menyebabkan kenaikan pada emas akibat meningkatnya resiko geopolitik yang memicu permintaan asset safe haven.

Artikel: kontakperkasa futures.